Rektor UNP Dan Bupati Lima Puluh Kota Teken MoU Tingkatkan Kapasitas SDM

 

Lima Puluh Kota - Sinergitas dengan perguruan tinggi untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia di daerah terus digenjot Kabupaten Lima Puluh Kota. Terbaru Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Ph. D dan Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo melakukan penandatangan Nota Kesepahaman Bersama/ Memorandum of Understanding (MoU) bertajuk “Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

Acara itu berlangsung di pendopo Rumah Dinas Bupati Lima Puluh Kota di Labuh Basilang, Senin (04/07/22). Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama antara Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-UNP dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati.

Tampak hadir, sejumlah dekan lingkup UNP, Wakil Ketua Komisi I DPRD Lima Puluh Kota Doni Ikhlas, para asisten serta kepala perangkat daerah Pemkab Lima Puluh Kota. Sejauh ini kegiatan serupa juga telah dilakukan dengan Universitas Islam Negeri “Imam Bonjol”, Universitas Andalas dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Dalam sambutannya Rektor UNP Ganefri mengatakan pihaknya membuka diri untuk
kerjasama seluas-luasnya dengan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, terutama untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Perwujudan kerja sama, tambah Ganefri tak lain merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri atas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

UNP selaku institusi perguruan tinggi negeri, dengan sumber daya serta fasilitasnya, kata Rektor UNP pun siap untuk menyukseskan kerja sama dengan Lima Puluh Kota. Termasuk program prioritas unggulan Lima Puluh Kota di bidang pendidikan dan pariwisata.

“UNP memiliki 9 fakultas dan 117 program studi, serta tak kurang 50.000 mahasiswa siap bersinergi dengan Limapuluh Kota,” kata Rektor UNP Ganefri.

Untuk memaksimalkan kerja sama selain di bidang pendidikan, pihak UNP juga akan meningkatkan program-program pengabdian masyarakat. Seperti pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Fakultas dan pelaksanaan KKN Tematis mahasiswa.

Sementara, Safaruddin Dt Bandaro Rajo menyampaikan apresiasi kepada UNP, atas perhatiannya kepada peningkatan sumber daya manusia Lima Puluh Kota. Terlebih keterlibatan UNP, kata Bupati Safaruddin, sangat diperlukan dalam memperbaiki indikator pembangunan sumber daya manusia berupa nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Nilai IPM masih di bawah rata-rata provinsi, ini tugas kita semua untuk meningkatkannya dan alhamdullilah melalui kerja sama ini kita juga akan dibantu oleh UNP,” jelas Safaruddin.

Di sisi lain, Safaruddin juga menyampaikan agar UNP memberi peluang peningkatan strata pendidikan 70 wali nagari terpilih diantaranya 68 orang telah dilantik pada tanggal 01 Juli 2022.

“Sebanyak 49 Wali Nagari yang telah dilantik berpendidikan setara SLTA, kita ingin mereka menyandang S1,” ujar Safaruddin.

Tentang upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, bagi warga yang belum maksimal menyelesaikan pendidikannya, Safaruddin minta hal ini menjadi perhatian pemangku kepentingan. Terutama program sertifikasi dengan berbagai kualifikasi seperti Program pendidikan sejenis Paket A, B dan C.

“Program untuk setara Paket untuk yg tidak menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah akan kita tingkatkan alokasi 2023,” terang Bupati Safaruddin. (FS)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.