UMKM Payakumbuh Go Internasional, Tak Hanya Rendang Keripik Singkong Juga Bisa


 Payakumbuh – Wali Kota Riza Falepi menjadi bintang di dalam talkshow yang membahas potensi usaha kecil menengah (UKM) menembus pasar internasional yang diadakan portal tribunpadang.com di Ball Room Hotel Santika Premier, Padang, Sumatera Barat, Rabu (10/8).

Sebagai kepala tempat yang pelaku industri rendangnya dapat mengekspor produk ke pasar internasional, Wali Kota Riza Falepi di hadapan menteri dan kepala tempat lain yang datang memaparkan bagaimana Pemerintah Kota Payakumbuh dapat menyediakan dapur memasak rendang yang udah bersertifikat ISO 22000 dan berstandar ekspor, Sentra IKM Randang.

Bahkan, Riza Falepi mendapat banyak pertanyaan berasal dari moderator dan hadirin bagaimana suksesnya Kota Payakumbuh dapat memasarkan produk kuliner kebanggaan orang minangkabau ke kancah internasional.

“Saya bahkan dapat memberikan uneg-uneg langsung kepada kementerian berkaitan apa yang tetap tidak cukup di Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh,” kata Riza kepada sarana usai menghadiri acara tersebut.

Riza mengakui, sejak awal sesungguhnya pelaku industri rendang di Kota Payakumbuh udah bergeliat, namun baru dapat memasok untuk pasar lokal. Riza mengaku pihaknya berupaya produk rendang mereka dapat di jual ke pasar yang lebih besar, yakni ke luar negeri, bermakna pelaku IKM naik kelas.

“Kita menangkap kesempatan berasal dari kementerian dengan dana alokasi spesifik untuk membangun sentra IKM berserta dapur yang representatif. Alhamdulillah segala prosesnya udah terjadi sampai kini Kota Payakumbuh menjadi perumpamaan baik, banyak pemda dan instansi lain studi ke Sentra IKM Rendang,” paparnya.

Riza menyebut, keberadaan Sentra IKM Rendang terhubung kesempatan bagi IKM rendang untuk tetap bermunculan, Pemko Payakumbuh buat persiapan tempat mengolah berkualitas, produknya dapat diterima pasar nasional dan internasional dengan standar yang tinggi.

“Sentra IKM Rendang udah dapat menunaikan itu. Kami harap semoga lebih banyak warga Payakumbuh yang sukses menjadi entrepreneur rendang dan go internasional. Selamat berjuang semoga lebih maju, pemda berasal dari segi mana dapat membantu, akan berupaya membantu baik mencarikan modal berasal dari pusat, dan permodalan berasal dari perbankan,” kata Riza.

Ide brilian sarana dapur rendang berstandar ekspor ini, kata Riza, tak terlepas berasal dari kakok tangan Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Henny Yusnita Riza Falepi dengan dukungan pelaku IKM lainnya yang udah berjasa.

“Mereka adalah orang-orang berjasa mendorong  percepatan kemajuan industri rendang di Kota  Payakumbuh,” tukuknya.

Di akhir wawancara, Riza terhitung memberikan dengan mengadaptasi pengembangan usaha UMKM rendang, dia memproyeksikan terdapatnya sebuah style baru pengembangan UMKM. Kota Payakumbuh punyai banyak produk yang dapat dipasarkan ke luar negeri seperti olahan makanan ringan.

“Bisa pula kami menyebabkan dapur matang keripik singkong supaya dapat berkompetisi dengan pringles dan chitato. Produk keripik ini permintaan terlalu banyak untuk dikirim ke Amerika dan Eropa. Kita berbicara ekspor yang banyaknya ukuran kontainer. Inilah tantangan UMKM go internasional, kami tinggal carikan alat mengolah yang bagus,” pungkasnya. (MS)

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.