KKPM 2022 Diperkaya Dengan Pendidikan Nilai Sportivitas, Disiplin, Keikhlasan dan Partriotik



Padang - Kegiatan kepramukaan menjadi teladan dan pembentukan karakter yang nantinya terus menginspirasi para anak bangsa ini untuk berbakti, mengukir karya, inovasi dan prestasi demi kemajuan bangsa Indonesia.

Begitu nasihat Kakanwil Helmi didampingi istri Ny. Hj. Nazifah Helmi saat menutup secara resmi kegiatan Kemah Karya Pramuka Madrasah (KKPM) Sumbar 2022, malam ini Jumat (01/10) malam sekitar pukul 22.55 WIB, di Asrama Haji Sumbar Padang Pariaman.

Helmi, berharap kegiatan yang berlangsung dari tanggal 28 September -01 Oktober 2022 ini bisa meningkatkan kesadaran pentingnya gerakan pramuka madrasah dalam membangun watak dan karakter remaja yang disiplin, teguh, kuat serta memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

Kakanwil Helmi, dalam arahan menyampaikan  gerakan pramuka termasuk dalam jalur pendidikan non formal sebagai salah satu pilar dalam sistem pendidikan nasional. Kegiatan ini menurutnya diperkaya dengan pendidikan nilai sportivitas, disiplin, keikhlasan, partriotik serta  memiliki kecakapan hidup.

KKPM, dipandang Helmi sebagai ajang merajut kebersamaan, meningkatkan tali silaturahim bagi seluruh keluarga besar Kementerian Agama.  

"Khususnya bagi adik-adik kita, dimana mereka dapat saling mengenal budaya dan keterampilan teman-teman dari seluruh kabupaten kota di Sumatera Barat," kata Helmi.

Helmi menyampaikan rasa bangga kepada seluruh pramuka madrasah yang telah menampilkan berbagai kebolehannya.

"Teruslah berlatih dan berlatih untuk mengasah keterampilan adik-adik, agar tahun depan lebih baik lagi. Sudah 5 hari lebih kurang di bumi perkemahan ini, adik adik dan kakak-kakak pembina berjibaku di sini, saya salut kepada adik-adik kita, ini adalah bagian dari proses pembentukan karakter bagi kalian semua sebagai calon pemimpin masa depan,"cetus Helmi.

Helmi berpesan agar peserta pramuka berbagi pengalaman dengan orangtua dirumah, tentang apa yang telah disaksikan dan dilaksanakan selama KKPM berlangsung.

"Ceritakanlah nanti kepada orang tua sebagai kado terindah buat orang tua kalian," ajaknya.

Helmi mengaku bangga bahwa KKPM di Sumbar adalah satu satunya yang di buka langsung oleh Dirjen Pendis Kemenag RI.

"Tentu ini sebuah prestise tersendiri bagi kita Sumatera Barat," Ucapnya.

Disisi lain, kendati Helmi menyayangkan belum bisa melaksanakan api unggun pada malam penutupan, karena kondisi cuaca di guyur hujan terus, namun kegiatan tetap berjalan khidmat.

"Meskipun api unggun batal, kami berharap tidak mengurangi kelebihan dan syahdunya acara KKPM kita, imbuh Kakanwil.

Lanjut, Kakanwil menekankan makna keikhlasan dan sportifitas dihadapan peserta pramuka. " Kepada yang tahun ini meraih prestasi saya ucapkan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada adik2," kata Kakanwil lagi.

"Sebaliknya, bagi yang belum meraih prestasi jangan berkecil hati. Teruslah berlatih dan berkarya untuk meraih prestasi di tahun yang akan datang," terang Kakanwil.

Di akhir sambutan, Kakanwil mengapresiasi seluruh panitia, pembina, Kakankemenag dan Kamad se-Sumbar atas perencanaan, anggaran, proses persiapan tempat dan lainnya untuk kesuksesan KKPM.

"Kita juga cukup bangga, jika selama proses pelaksanaan ada hal-hal yang kurang baik, belum maksimal tentu menjadi bahan evaluasi bagi kita bersama. Insyaallah tahun depan kita kembali, akan tumbuh lebih baik lagi lebih meriah lagi KKPM ini," tutupnya.

Istimewa, dalam rangkaian kegiatan penutupan, mengenakan gaun berwarna merah penuh semangat dan energik, Ny. Hj Nazifah Helmi turut menyumbangkan suara emasnya di hadapan ribuan peserta pramuka. Turut dihadiri Anggota Komisi VIII DPR RI Jhon Kenedy Azis, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Sumbar H Hendri Pani Dias, Kakankemenag Kota Padang H Edi Oktafiandi, kakankemenag Kab Kepulauan Metnawai H Masdan, Kakankemenag Kabupaten Solsel, ketua panitia Akhri Meinhardi dan jajaran panitia pelaksana, dirangkai dengan pemberian tropi kepada juara – juara seluruh cabang perlombaan.(vera)
Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.