Muchtar Islamic School Terapkan Penuh Sistem Pendidikan Islam

 


Payakumbuh --- Muchtar Islamic School yang berlokasi di Kelurahan Labuh Basilang, Kecamatan Payakumbuh Barat mulai menerapkan sistem pendidikan islam pada tahun 2022, tepatnya pada semester 2.


Muchtar Islamic School dengan jenjang pendidikan di SD, SMP, dan SMA memiliki kurikulum kemuchtaran yang mengutamakan keimanan, adab dan Alqur'an. Di sini anak bukan hanya diajarkan tapi dididik sesuai tuntunan yang ada dalam Alquran dan hadits.


Direktur Muchtar Islamic School Musrimis Miwardi didampingi Kepala Bagian SDM dan Kurikulum Fefi Amelia mengatakan untuk menerapkan sistem itu, pihaknya melakukan reformasi besar-besaran mulai dari kurikulum, fasilitas, dan SDM. 


"Untuk SDM sedang diadakan penyeleksian guru dan akan dilakukan tes pada hari senin depan," kata Musrimis Miwardi kepada media, Selasa (20/12).


Ditambahkannya, sistem pendidikan Muchtar ISlamic School adalah Kurikulum pendidikan, mata pelajaran, san metodologi pendidikan disusun berdasarkan Akidah Islam.


Strategi pendidikannya dengan membentuk pola pikir ('aqliyyah) dan pola sikap (nafsiyyah) Islami. Seluruh mata pelajaran disusun berdasarkan strategi itu.


Kami memiliki tujuan pendidikan: (1) membentuk kepribadian Islam; (2) membekalinya dgn berbagai ilmu dan pengetahuan yang berhubungan dengan kehidupan. Metode penyampaian pelajaran dirancang untuk menunjang tercapainya tujuan tersebut.


Sekolah ini memiliki misi :

• Memberikan Pemahaman Tentang

Keimanan

• Mengajarkan ilmu Quran Benar baca, faham makna dan diamalkan

• Menjadikan Siroh sebagai rujukan/untunan dalam kehidupan

• Melatih peserta didik untuk hidup sesuai dengan sunah nabi

• Meningkatkan kualitas SDM dengan pemahaman keislaman yang baik

• Menyetarakan sarana dan prasaran pendidikan sesuai operasional

• Wadah lembaga pendidikan yang dapat memberikan manfaat baik bagi masyarakat sekitar


Adapun program unggulannya antara lain

1. Tahfiz dan tahsin Quran ( hafizh)

2. Bina Pribadi Islami (BPI)

3. Pendidikan Akhlak Mulia (PAM)

4. Jasadiah (Beladiri, Memanah, Berkuda, Berenang, dan Keterampilan khusus)


Minimal Capaian Peserta Didik SD Hafalan ketika tamat SD 5-6 juz dan menguasai semua matan ilmiyyah dan tauhid. SMP Hafalan tingkat SMP: 3-5 juz dan menguasai buku tajwid Abdurrauf. SMA Hafalan tingkat SMA :3-5 juz dan menguasai bahasa arab (Aplikasi) materinya dan prakteknya. (Tim)

Labels: ,

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.