Dipercaya Masyarakat, Layanan Damkar Kota Payakumbuh Terus Meningkat


Payakumbuh --- Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh memiliki tugas dan fungsi untuk urusan pelayanan wajib pemerintah terkait pemadaman kebakaran dan penyelamatan. Pelayanan vital itu menyangkut kebakaran, pengelontoran, evakuasi ular, evakuasi sarang tawon, sosialisasi, dan penyelamatan.


Berdasarkan data yang diterima media dari pihak Damkar Kota Payakumbuh, Rabu (4/1), pelayanan pada tahun 2022 ada peningkatan secara signifikan.


Bisa dilihat pada tahun 2020 kegiatan pelayanan kebakaran 70, pengelontoran 51, evakuasi ular 38, evakuasi sarang tawon 73, sosialisasi 23, dan penyelamatan 16. Totalnya 271 pelayanan.


Pada tahun 2021 kegiatan pelayanan kebakaran 69, pengelontoran 21, evakuasi ular 63, evakuasi sarang tawon 57, sosialisasi 19, dan penyelamatan 35. Totalnya 264 pelayanan.


Sementara itu, pada tahun 2022 kegiatan pelayanan kebakaran 93, pengelontoran 23, evakuasi ular 69, evakuasi sarang tawon 78, sosialisasi 52, dan penyelamatan 31. Totalnya 346 pelayanan.


Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Payakumbuh Dony Prayuda melalui Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Budi Kurniawan kepada media mengatakan angka pelayanan damkar ini tak hanya mencakup wilayah kerja Kota Payakumbuh saja, tapi juga ada perbantuan ke kota/kabupaten sekitarnya yang butuh bantuan.


"Pada 2022 angka pelayanan kebakaran meningkat karena cuaca ekstrem di berbagai wilayah, sementara itu kita juga giat melaksanakan sosialisasi baik di posko damkar maupun di lapangan," kata Budi.


Ditambahkan Budi, pada tahun 2022 Damkar juga telah membentuk dan melatih Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar), ada 2 orang dari masing-masing 47 kelurahan se Kota Payakumbuh, saat ini baru ada sebanyak 94 orang.


"Kita akan menambah jumlah Redkar pada anggaran tahun 2023, lebih banyak jumlah masyarakat yang kita berdayakan, maka lebih cepat pula aksi tanggap bencana kebakaran di kelurahan-kelurahan," ungkapnya.


Salah satu warga, Rio menyampaikan salut dan apresiasi dengan kinerja Damkar Kota Payakumbuh yang selalu cepat tanggap dan sigap melaksanakan misi pemadaman kebakaran dan penyelamatan.


"Damkar kita ini gesit, yang terlambat itu biasanya laporan pas kejadian karena orang sibuk merekam video pas kejadian. Makanya kita wajib menyimpan nomor kontak damkar di HP," ujarnya. 


Warga bisa meminta bantuan damkar untuk penyelamatan jiwa, atau evakuasi hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, dan hewan lainnya dengan menghubungi quick response Pemadam Kebakaran di nomor 0752-92913. (MS)

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.