Pemda Siap Bantu STAI Al-Hikmah Pariangan

Pemda Tanah Datar Dukung Penuh Keberadaan STAI Al- Hikmah Pariangan

Tanah Datar, Maklumatnews- "Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hikmah Pariangan Batusangkar merupakan salah Perguruan Tinggi tertua di Tanah Datar yang sudah berdiri sejak tahun 1973". 

Hal tersebut disampaikan Ketua yayasan Al-Hikmah Pariangan Batusangkar Muhammad Ridha saat temu ramah dengan wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian bersama Civitas Akademika dan unsur pimpinan STAI Al-Hikmah di aula setempat, Sabtu (21/1).

"Adalah Buya H. Umar Bakri sosok pendiri, yang diawali dengan Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) dan pada tahun 1975 lalu didirikan lagi Akademi Dakwah di Pariangan yang setahun kemudian (1976) berstatus terdaftar sebagai perguruan tinggi agama swasta dari Departemen Agama", urai M.Ridha. 

"Kemudin nama Akademi dirubah menjadi Fakultas Dakwah dan pada tahun 1990 sampai saat ini menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hikmah Pariangan Batusangkar", tambahnya lagi.

Sementara itu, ketua STAI Al-Hikmah Yuli Sabri sampaikan bahwa STAI Al-Hikmah Pariangan memiliki misi “Menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam yang bermutu dan berkebudayaan serta terintegrasi dalam ilmu-ilmu keislaman di tingkat nasional pada tahun 2027".

"Untuk itu, Berbagai program sudah dilakukan untuk tetap berkiprah di dunia pendidikan diantaranya pada tahun ajaran 2021 dan 2022 menerima mahasiswa gratis ditambah 1 tahun gratis biaya semester".

"Kepada pemerintah daerah mohon bantuan untuk meringankan beban STAI Pariangan dalam mewujudkan program-program ke depannya disamping dukungan penuh dari alumni-alumni yang sudah mapan", harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Wabup Richi Aprian sampaikan bahwa menyiapkan dan membangun generasi memang berat namun ini menjadi tugas bersama untuk mewujudkan generasi yang berakhlak yang salah satunya melalui pendidikan sekolah Islami."Insyaallah dengan semangat kebersamaan pemerintah daerah siap bersinergi untuk menyiapkan generasi masa depan," sebutnya.

Diakhir arahan Wabup Richi berpesan, mengingat kilas balik sejarah STAI Pariangan ini patut kita bersama-sama mewujudkan kembali pendidikan keagamaan seperti masa lalu, untuk itu kepada siswa tamatan SMU/MA sederajat dihimbau untuk melanjutkan pendidikan di STAI Pariangan. 

Dalam temu ramah kali ini turut dihadiri Camat Pariangan dan Forkopimca, ketua BPRN, Civitas, Alumni dan undangan lainnya. (pinos/rls)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.