Berobat Tunjukkan NIK Saja, Kadisdukcapil Wal Asri Apresiasi Loncatan Pelayanan BPJS Kesehatan


Payakumbuh --- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh Wal Asri menyampaikan apresiasi dengan transformasi pelayanan yang diberikan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kepada masyarakat, dimana saat ini untuk pergi berobat masyarakat sudah bisa hanya dengan menunjukkan nomor induk kependudukan (NIK) saja di fasilitas kesehatan.


"Ini merupakan loncatan besar dalam pelayanan publik, karena memang NIK merupakan satu-satunya yang menjadi dasar untuk kejelasan identitas seseorang. Setiap masyarakat hanya ada 1 NIK," ungkap Wal Asri saat diwawancara media, Senin (8/5).


Dijelaskannya, tak hanya untuk urusan pendidikan, perpajakan, dan perbankan saja, NIK juga dipakai untuk mendaftarkan warga menjadi peserta BPJS Kesehatan. Dengan adanya NIK yang menjadi dasar kejelasan identitas warga negara, nanti tinggal diketik oleh petugas, dan akan keluar semua data sesuai yang dicari.


"Pemerintah Kota sangat komitmen mendukung program BPJS Kesehatan, apalagi sekarang kita sudah UHC, masyarakatpun bisa langsung dapat dilayani secara gratis oleh BPJS Kesehatan, khususnya yang menjadi tanggungan pemda melalui PBI," ujarnya. 


Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Cabang Payakumbuh Defiyanna Sayodase menyampaikan komitmen Pemerintah Kota Payakumbuh tak hanya berbuah terjaminnya biaya kesehatan masyarakat melalui layanan BPJS Kesehatan, namun juga meraih penghargaan di tingkat nasional.


"Kami menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Payakumbuh yang sudah  mencapai UHC. Hal ini menjadi wujud nyata kehadiran pemerintah memastikan tersedianya jaminan kesehatan bagi masyarakatnya," ungkapnya.


"Kemudahan yang diberikan kepada peserta tidak hanya cukup memakai NIK/KTP saja, untuk antrian di rumah sakit atau melihat ketersediaan kamar rawatanpun sudah bisa dilakukan oleh peserta melalui aplikasi Mobile JKN, diharapkan semua peserta sudah mendownload di handphone masing-masing, karena begitu banyak fitur dan kemudahan diberikan kepada peserta di aplikasi Mobile JKN tersebut," pungkasnya. (FS)

Label: ,

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.