23 Santri Surau Sungkai Laksanakan Khatam Qur'an

Surau Sungkai 2 Tahun Berdiri, 2 Kali Laksanakan Khatam Qur'an


Tanah Datar, Maklumatnews - Ditahun kedua berdirinya Surau Sungkai jorong Pabalutan nagari Rambatan kembali laksanakan kegiatan Khatam Qur'an kepada 23 orang muridnya. 

Hal itu disampaikan pengurus Surau Sungkai Eli Adrial ketika memaparkan kondisi Surau yang baru berdiri sejak tahun 2021 silam pada perayaan Khatam Qur'an ke 2 di Lokasi Surau tersebut, Minggu (18/2). 

Dikatakan Eli Adrial, "Surau Sungkai merupakan salah satu Surau tertua di Jorong Pabalutan yang keberadaanya sudah sejak ratusan tahun lalu dengan beratapkan ijuk dan berdindingkan " Sasak Bugih" (Anyaman Bilah Bambu) dengan tinggi 5 anak tangga".

"Seiring perjalanan waktu, di Jorong Pabalutan juga didirikan banyak Surau - Surau kaum sehingga Surau Sungkai hanya menjadi Surau keluarga dan kemudian hampir roboh karena keluarga hampir semuanya mencari penghidupan dan berkiprah di luar daerah bahkan diluar provinsi sehingga Surau terbengkalai".

"Namun pepatah " Sajauh-jauah tabang nyo Bangau, baliakannyo ka kubangan juo" berlaku bagi keluarga Sungkai, hasil rembuk keluarga menghasilkan kesepakatan, Surau Sungkai harus didirikan dan diaktifkan kembali dan terealisasi pada tahun 2021 lalu dengan bangunan permanen yang dikerjakan secara bertahap". Urai Eli Adrial lagi. 

"Kedepannya sesuai rencana, Surau Sungkai akan mengembangkan sarana dan prasarana dengan membangun pemondokan dan rumah tahfidz sehingga pembelajaran seni baca Alquran juga seiring dengan pembentukkan Akhlak yang Islami", pungkas Eli Adrial.

Bupati Tanah Datar yang diwakili Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD-PPKB) Abdurrahman Hadi Menyampaikan apresiasi serta penghargaan yang tinggi atas kegiatan di Surau Sungkai ini karena sejalan dengan salah satu program pemerintah daerah Tanah Datar terkait "satu rumah satu Tahfidz". 

"Pemda Tanah Datar selalu mendukung dan mensupport kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan masyarakat, apalagi kegiatan Khatam Qur'an juga sejalan dengan upaya Pemda dalam menjadikan kabupaten Tanah Datar menjadi kabupaten Tahfidz dengan program 1 rumah 1 Tahfidz".

"Namun diharapkan kepada anak-anak didik peserta Khatam hari ini bahwasanya Khatam Qur'an bukan berarti selesainya membaca Al-Qur'an, tetapi merupakan awal untuk mempelajari Alquran secara mendalam baik dalam makna dan penafsirannya", ujarnya lagi

Pada kesempatan itu, Abdurrahman Hadi atas nama bupati membuka secara langsung pelaksanaan Khatam Qur'an di Surau Sungkai yang ke 2 sekaligus meresmikan pemakaian nama baru untuk Surau Sungkai menjadi Surau Nur Sa'adah. 

Turut hadir pelaksanaan Khatam Qur'an kali ini, kepala Kemenag Tanah Datar diwakili Kepala KUA Rambatan, Camat Rambatan yang diwakili Sekcam, Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat jorong Pabalutan dan undangan lainnya. (Pinos) 

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.