Wah! Ternyata Tugas Damkar Tak Hanya Memadamkan Api Saja Lho!


Payakumbuh --- Mungkin banyak yang bertanya-tanya, pemadam kebakaran atau fire fighter itu selain memadamkan api kerjanya ngapain aja ya?

Nah, untuk mengulasnya, media ini menanyakan kepada yang lebih berkompeten untuk menjawabnya, yakni pihak damkar itu sendiri.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh Budi Kurniawan, Rabu (3/3) kepada wartawan mengatakan sebenarnya tugas damkar ini banyak, selain penyelamatan manusia seperti penyelamatan korban kebakaran, kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, penyelamatan ketinggian, dll, mereka juga wajib untuk standby dan siap melayani masyarakat selama 24 jam.

"Tugas pemadaman adalah satu dari lima tugas pokok Pemadam Kebakaran. Sesuai UU 23 tahun 2014 ada 5 tugas pokok Pemadam Kebakaran," kata Budi.

Budi menjelaskan, damkar memiliki tugas pokok terkait Pencegahan Kebakaran, Pemadaman Kebakaran, Penyelamatan (Kebakaran dan non Kebakaran), Pemberdayaan Masyarakat, dan Penanganan B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Ditambah tugas inspeksi alat proteksi kebakaran dan Investigasi kebakaran. 

"Cobalah sesekali datang ke kantor damkar, atau bisa juga kami terlihat di lapangan memberi edukasi dan sosialisasi pencegahan dan penanganan bahaya kebakaran dari usia dini sampai ke instansi-instansi," katanya 

Damkar juga melakukan kegiatan penyelamatan non kebakaran seperti evakuasi hewan (ular, biawak, sarang tawon, monyet, kucing ,babi, binturung, dll). Juga banyak lagi tugas penyelamatan non kebakaran seperti evakuasi cincin, kunci mobil tertinggal di dalam, kucing tersangkut di pohon, kerbau masuk dalam parit atau septik tank, anjing terjepit di pagar, musang masuk rumah, dan lain-lain.

Nah, sudah jelas kan sekarang kalau sebenarnya Damkar itu sudah seperti kesatria atau penjaga keselamatan masyarakat dari bahaya, tugasnya banyak sekali. 

Intinya personil damkar dengan Sarana dan Prasarana yang dimiliki, SIAP melayani sekecil apapun bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Untuk warga Kota Payakumbuh bisa meminta bantuan damkar untuk penyelamatan jiwa, atau evakuasi hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, dan hewan lainnya dengan menghubungi quick response Pemadam Kebakaran di nomor 0752-92913. 

Wajib disimpan nomornya ya, karena suatu waktu kita pasti membutuhkan bantuan damkar. (FS)

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.