Wako Rida Ananda Jadi Saksi Nikah, Ingatkan Kedua Mempelai Minta Ridho Orang Tua

 

Payakumbuh — Banyak kalangan menilai sosok Rida Ananda merupakan salah satu pemimpin yang ramah dan dekat dengan warga masyarakatnya, tak sedikit pula permintaan masyarakat yang dipenuhi dari kedinasan sampai kepada keperluan pribadi.

Seperti yang berlangsung di Mesjid Arsyad, kelurahan Tigo Koto Dibaruah, kecamatan Payakumbuh Utara, Penjabat Wali Kota Payakumbuh itu berkesempatan menjadi saksi akad nikah dari pasangan Adilah Putri anak dari Nasrul Tuangku Baringin dan Mislainar dan Bayu Diansah anak dari Syafripol Putra dan Muslim Maini, Rabu (8/03/23).

“Saya merasa ada kebahagiaan tersendiri saat saya bisa menjadi saksi, menyaksikan moment bahagia warga masyarakat Kota Payakumbuh,” ucap Rida bahagia.

Rida juga mendoakan agar kedua mempelai nantinya menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan warrahmah. Prosesi pernikahan berjalan dengan lancar yang turut disaksikan orang tua serta keluarga dari kedua mempelai.

Sebelum prosesi ijab kabul dilaksanakan, acara diawali dengan pembacaan surat suci Al Quran dan diteruskan dengan sari tilawah. Kemudian masing-masing mempelai diminta mengucapkan kalimah istighfar, shalawat dan syahadat sekaligus menyatakan kesiapan lahir dan batin untuk melaksanakan pernikahan.

Setelah itu barulah ijab kabul dilakukan dipandu oleh kepala KUA Payakumbuh Utara dan Wali Kota serta satu saksi dari mempelai pria menyatakan sah, ijab kabul pun berakhir. Kedua mempelai selanjutnya menandatangani buku nikah. Kemudian kepala KUA meminta mempelai pria membacakan ikrar perjanjian atau yang biasa disebut sighat taklik. Acara pernikahan dipungkasi dengan khutbah nikah dan doa bersama.

Usai prosesi pernikahan, Wali Kota menyampaikan selamat kepada kedua mempelai beserta keluarga karena prosesi pernikahan berjalan dengan lancar.

Dikatakan Rida, selesai ijab Kabul dilakukan, kedua mempelai kini telah resmi menjadi pasangan suami istri dan keluarga yang baru. Mantan Sekda Kota Payakumbuh itu berharap agar keduanya pasangan selalu diberkati Allah SWT. Kemudian, Rida mengingatkan kedua mempelai, kunci membangun rumah tangga harus adanya saling pengertian, kepercayaan dan keterbukaan antara suami dan istri.

“Semoga Ananda berdua menjadi keluarga yang senantiasa bahagia serta sakinah, mawaddah dan warrahmah. Saya mendoakan agar iman dalam pernikahan diteguhkan dan diberkati Allah SWT,” kata orang nomor satu di lingkup pemerintah Kota Payakumbuh itu. Di samping itu, Rida juga tak lupa berpesan, agar kedua mempelai tetap mengingat dan berbakti kepada kedua orang tua, meski kini telah membangun keluarga baru.

“Sebab, ridho kedua orang tua akan menjadikan rumah tangga akan menjadi lebih baik. Kemudian keduanya harus saling melengkapi kekurangan masing-masing serta senantiasa mengisi rumah tangga dengan amal ibadah,” tukas Rida. (MS)

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.