Momentum Lebaran, Persatuan Keluarga Pangkalan Se Indonesia Bertemu, Ini Yang Dibahas

 


Limapuluh Kota --- Momentum pulang kampung saat lebaran Idul Fitri 1444 H menjadi momen terindah bagi Persatuan Keluarga Pangkalan se Indonesia untuk bertemu dalam kegiatan halal bihalal dan silaturahmi.


Kegiatan "makan bajambau" yang digelar di Aula Kantor Wali Nagari Pangkalan, Minggu (23/4) itu berlangsung hangat dan bersahaja, karena yang hadir tak hanya Ketua Sekretaris Bendahara (KSB) PKP se Indonesia saja, namun hadir juga tokoh PKP dari Luak Limo Puluah Drs. H. Asyirwan Yunus, Drs. Darmiyusman, sedangkan dari Jakarta (PKP Jaya) hadir Pembina/Penasehat  Hj. Nuraini Syukur, SH, dan Letkol TNI H. Adril Ramli, bendahara H. Refrison Rafdinal, mantan ketua Zulfakri, SPd.


Penggagas acara ini Zulfahmi Sutan Sati didampingi Erizaldi dan Mukhlis Bgd Majo Bosa kepada media mengatakan kegiatan ini terlaksana atas dukungan para Donatur PKP se Indonesia  

"Kita mengangkat kembali salah satu budaya di Kenagarian Pangkalan yakni makan bajambau yang mulai luntur di tengah-tengah masyarakat Pangkalan. Makan bajambau adalah makan dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau. Tradisi ini umumnya dilangsungkan pada hari-hari besar agama Islam dan berbagai upacara adat, atau pertemuan penting lainnya, ini harus dilestarikan," ujarnya.

Dia juga mengatakan dalam halal bihalal ini juga ada wacana pembentukan Pesatuan Keluarga Perantau Pangkalan (PKPP), yang kepengurusannya sampai ke tingkat Nasional

"Mohon doa dan support dari semua dunsanak dirantau untuk rencana kita ini. PKPP ini beroreintasi untuk Nagoghi dengan beranggotakan perantau yang berasal dari Pangkalan Koto Baru," ujarnya.

Ditambahkannya, ada beberapa tahapan yang dipersiapkan seperti akan menyebarkan kuesioner secara online untuk penyempurnaan agenda, mempersiapkan Grup What Sapp sebagai link koordinasi dengan beranggotakan Ketua PKP Se Indonesia  sebagai perwakilan dari anggota, mempersiapkan konsep dan tujuan dibuatkan forum ini.

"Kami melaksanakan presentasi tentang  keberadaan group ini, sebagai penanggungjawab kita percayakan kepada Eri Wardana ( Ketua PKP Padang ) untuk persiapan pembentukan PKPP nantinya,  Setelah itu barulah mempersiapkan agenda akbar (Sidang Pleno) untuk membentuk kepengurusan PKPP ini. Organisasi ini nanti juga akan kita daftarkan ke Kementrian Hukum dan Ham RI untuk mendapatkan  keabsahan terang Zulfahmi.

Sementara itu, Asyirwan Yunus dalam sambutannya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan ini, apalagi perantau tetap solid dan terus berkiprah untuk ikut memberikan sumbang saran untuk membantu kemajuan pembangunan nagari.

"Semoga dilancarkan apa yang sudah direncanakan. Masyarakat Pangkalan Koto Baru kompak dan berintegritas, kami mendukung dan apresiasi yang setinggi-tingginya," ujarnya.

Dari sisi lain Wali Nagari Pangkalan Rifdal Laksamano juga memaparkan perubahan dan kemajuan yang telah dicapai di Nagari Pangkalan, termasuk program yang dilaksanakan pemda dan nagari.

"Keberadaan perantau kami harapkan membawa semangat bagi masyarakat di kampung, apalagi kalau ada yang berinvestasi tentu membuka lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian di Nagari Pangkalan," pungkasnya. (FS)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.