Pestival Pesona Pongek Simawang Diawali Arak-arakan 1000 Dulang

Festival Pesona Pongek Simawang Diawali Arak-arakan 1000 Dulang
Tanah Datar, Maklumatnews - Diawali arak-arakan pawai 1000 Dulang serta tari massal Pongek Simawang kegiatan Pesona Pongek Simawang secara resmi dibuka Bupati Tanah Datar Eka Putra. 

Pembukaaan kegiatan Ivent pesona Pongek Simawang tersebut dibuka langsung oleh bupati Eka Putra (Sabtu 25/11) merupakan implementasi dari Progul yang berlokasi di objek Wisata  Tanjung Indah nagari Simawang, kecamatan Rambatan. 

Wali Nagari Simawang Firman Malin Paduko dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan seluruh pihak yang telah berpartisipasi atas terlaksananya festival Pesona Pongek Simawang ini dan juga berharap agar Pemda bisa membantu merealisasikan pabrik kemasan untuk makanan khas nagari Simawang. 

"Pongek Simawang sebenarnya sudah dikenal dimana-mana pak, namun saat ini untuk pengiriman keluar kota kami belum memiliki kemasan yang bagus".

"Untuk itu kami berharap melalui pak bupati bisa merealisasikan sebuah pabrik kemasan seperti sarden, sehingga pongek yang kami kirimkan bisa bertahan lebih lama," harapnya. 

Senada dengan itu, salah seorang tokoh masyarakat Simawang Hj. Nurhayati Hakim menyampaikan bahwa Festival Pesona Pongek Simawang merupakan satu langkah maju bagi masyarakat untuk lebih memperkenalkan lagi masakan Pongek Simawang kepada masyarakat luas sekaligus ajang silaturahmi sesama masyarakat Nagari Simawang baik yang di ranah maupun yang di rantau. 

Sementara, Bupati Eka Putra dalam sambutannya sangat terkesan dan sangat mengapresiasi penampilan tari massal Pongek Simawang yang menceritakan kisah keseharian masyarakat setempat didalam mencari nafkah dengan menjala ikan di danau Singkarak. 

"Saya ucapkan selamat atas penampilan tari massal Pongek Simawang yang sangat luar biasa, saya minta kepada Dinas Parpora untuk menampilkan tari massal Pongek Simawang ini pada Festival Pesona Minangkabau bulan Desember nanti di Istano Basa Pagaruyung". 

"Untuk itu, kepada semua yang terlibat didalam tari massal Pongek Simawang ini agar lebih mempersiapkan diri karena nanti saat tampil pada Festival Pesona Minangkabau penontonnya akan jauh lebih banyak dan lebih ramai". 

"Melalui event ini kita bisa lebih menggali potensi yang ada di nagari juga bisa menampilkan kuliner tempo dulu yang telah lama hilang sehingga muncul kembali serta ajang promosi produk UMKM yang akan meningkatkan perekonomian masyarakat karena peredaran uang tidak hanya di kota tetapi juga sampai di nagari-nagari," kata Bupati Eka lagi. 

Selain itu, Bupati Eka Putra juga mengharapkan melalui event ini para niniak mamak serta Bundo Kanduang bisa mentransfer ilmunya kepada anak kemenakannya sehingga kearifan lokal suatu nagari tidak hilang begitu saja termakan zaman.

Sementara, terkait dengan permintaan Wali Nagari dan juga tokoh masyarakat Simawang, Bupati Eka Putra mengatakan bahwa Pemerintah Daerah intinya sangat mendukung dengan kajian-kajian yang lebih mendalam.

Tampak hadir pada acara pembukaan tersebut anggota DPRD Provinsi Sumbat Bukhari Dt. Tuo, anggota DPRD Tanah Datar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, Kepala OPD, Camat Rambatan beserta forkopimca, Ketua LKAAM Tanah Datar, Wali Nagari, angku-angku, niniak mamak, bundo kanduang, tokoh masyarakat, perantau dan undangan lainnya. (Pinos)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.