8 Fraksi Sampaikan Pandangan Umum Atas Ranperda APBD 2024

8 Fraksi DPRD Sampaikan Pandangan Umum Atas Ranperda APBD 2024
Tanah Datar, Maklumatnews -  "Lakukan eksekusi secepatnya dalam mengatasi berbagai masalah yang timbul di tengah-tengah masyarakat demi mendukung program unggulan daerah agar kedepannya lebih baik lagi untuk di terapkan di APBD 2024". 

Harapan itu disampaikan Jubir Fraksi PAN Jasmadi pada rapat Paripurna pandangan umum fraksi terhadap Nota Penjelasan Bupati Tanah Datar terhadap Raperda APBD tahun 2024 di Ruang Sidang Utama DPRD setempat, Rabu (8/11). 

"Untuk itu,  terkait maraknya kegiatan lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman kepada masyarakat dan membebani, diharapkan penerapan program unggulan makan rendang lebih di maksimalkan lagi kedepannya".

Jasmadi juga menghimbau kepada pemerintah daerah untuk selalu mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) tidak terlibat aktif serta dapat berlaku netral dalam menghadapi Pileg, Pilpres dan Pilkada nantinya.

Selanjutnya Jubir Fraksi PPP Zulhadi mempertanyakan berapa persen capaian RPJMD dan Progul tahun 2023 sesuai dengan APBD 2023. Kemudian ia mempertanyakan apa program yang disiapkan pemerintah daerah dalam menekan angka kemiskinan, pengangguran dan peningkatan perekonomian masyarakat pada APBD 2024 mendatang.
 
Selanjutnya beberapa fraksi lainnya umumnya mempertanyakan tentang Pendapatan Asli Daerah (PAD), ketergantungan Pemerintah Daerah terhadap dana transfer dari Pemerintah Pusat sampai dengan kesadaran dan pelaksanaan penarikan pajak. 

“Apa upaya Pemda Tanah Datar dalam menyikapi tingginya ketergantungan terhadap alokasi dana transfer dari Pemerintah Pusat dan bagaimana langkah kongkrit untuk meningkatkan PAD ke depan,” sampai Jubir Fraksi Perjuangan Golkar Dedi Irawan. 

Secara umum seluruh Fraksi-Fraksi DPRD harapan kepada pemerintah daerah agar segera menyelesaikan permasalahan pendidikan yang terjadi di SMP 2 Batusangkar dan SDN 20 Baringin agar proses belajar mengajar berjalan kembali lancar. 

Rapat dipimpin wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar Anton Yondra didampingi Ketua DPRD Rony Mulyadi, Dt. Bungsu dan Wakil Ketua Saidani, serta dihadiri 23 dari 35 anggota DPRD,turut dihadiri Wakil Bupati Richi Aprian, Forkopimda, Sekda Iqbal Ramadi Payana, Asisten, Staf Ahli, Sekretaris Dewan, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, dan undangan lainnya.

Di akhir sidang, pandangan fraksi-fraksi DPRD diserahkan oleh pimpinan rapat Anton Yondra kepada Pemerintah Daerah yang dalam hal ini diterima Wabup Richi Aprian dan Ranperda ini akan dilanjutkan Jum’at dimuka. (Pinos/rls)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.