Bupati Gusmal Hadiri Upacara Hut Kemenag Ke-74


Arosuka- Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM,  bersama Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, SH menghadiri Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-74 Tahun 2020, di Lapangan Gor Batu Batupang Koto Baru, Jumat (07/01)

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Kepala Kantor Kemenag Drs. H. Alizar Chan, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Desnadefi Gusmal, SH, Ketua GOW Kabupaten Solok Ny. Dahlia Yulfadri Nurdin, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok, Forkompimda Kabupaten Solok,serta para Kepala BUMN/ BUMD Kabupaten Solok

Bupati Solok saat menyampaikan sambutan Menteri Agama menyebutkan, Agama dan Negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia. “Para founding fathers negara kita dengan bimbingan Allah Yang Maha Kuasa mengenalkan teori alternatif, yaitu “teori akomodasi” yang menyangkut hubungan agama dan negara yang belum dikenal saat itu di negara mana pun”, jelas Bupati.

Bupati menegaskan bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara.Bupati juga mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama baik Pusat dan Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama.

Seiring dengan agenda reformasi birokrasi, restrukturisasi dan penyederhanaan birokrasi, kita semua dituntut untuk terus beradaptasi dengan tuntutan perubahan dan percepatan pelayanan publik yang mengedepankan prinsip efisiensi, transparansi dan akuntabilitas serta bebas dari KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh Aparatur Kementerian Agama, baik yang masih aktif maupun yang telah purna bakti atas segala dedikasi dan pengabdiannya, serta meminta kepada segenap aparatur Kementerian Agama, untuk memberikan seluruh kemampuan, agar semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama.

Diakhir upacara, Bupati menyerahkan Satya Lancana pada 43 orang ASN Kemenag, diantaranya 1 orang dengan masa pengabdian 30 tahun atas nama Drs. H. Abdul Halim, MM, 8 orang dengan masa pengabdian 20 tahun dan 34 orang lainnya dengan masa pengabdian 10 tahun. Pada kesempatan yang sama, Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada Madrasah berprestasi yakni untuk tingkat MI, diantaranya ; juara I MIN 2 Solok, juara II MIS Tabek Talang Babungo dan juara III MIN 1 Solok. Untuk Tingkat MTsN, diantaranya juara 1 MTsN 2 Solok, juara II MTsN 6 Solok dan juara III MTsN 1 Solok. Sedangkan untuk tingkat MA, diantaranya juara I MAN 1 Solok, juara II MAN 2 Solok dan juara III MAS PP Darussalam Sumani. (Hms)
Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.