Pensiunan PNS Guru Rasakan Manfaat Jadi Peserta BPJS Kesehatan


Payakumbuh --- Jon, pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) guru merasakan manfaat Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat yang membiayai pengobatannya pada masa tua di fasilitas kesehatan mitra JKN-KIS.


"Saya cukup dikatakan sering menggunakan pelayanan kesehatan dengan Program JKN-KIS. Saya sekarang sering kontrol di Puskesmas Ibuh. Pelayanan baik dan tidak ada biaya yang ditanggung pribadi,” katanya, Senin (10/7) di Payakumbuh.


Dia bersyukur pembiayaan kesehatan melalui Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, membantunya meringankan beban ekonomi dan tidak perlu khawatir akan biaya selama melaksanakan kontrol rutin.


Warga Perumahan Dalimo Ibuah itu, menjelaskan untuk iuran JKN-KIS dia bayar melalui pemotongan gaji pensiunan setiap bulan. Dia juga rutin berobat atau sekadar cek kesehatan di Puskesmas dan rumah sakit. Ia mengatakan banyak peserta terdaftar program JKN-KIS di lingkungannya mendapatkan dampak positif. 


Sebelum ada program JKN-KIS, katanya, banyak warga di lingkungannya yang kurang mampu jika sakit masih menggunakan pengobatan alternatif atau mengkonsumsi obat yang dijual di warung.


“Tapi sekarang bisa melakukan pengobatan ke tenaga medis baik Puskesmas, klinik sampai ke rumah sakit. Kesehatan sudah seharusnya dijaga dan sudah seharusnya juga memiliki jaminan kesehatan untuk keadaan terburuk yang tidak diharapkan. Seharusnya warga sadar program ini sangat bermanfaat dan wajib hukumnya untuk terdaftar. Didaftarkan bukan hanya ketika sakit dan dibutuhkan saja, tapi jadi perlindungan kesehatan untuk kita saat sehat. Sakit datangnya tiba-tiba, jadi persiapkan jaminan kesehatan kita dan keluarga sedini mungkin,” pungkasnya.


Sementara itu, Kepala Puskesmas Ibuh Dr. Putri Sukmawati menjelaskan pemerintah Kota Payakumbuh berkomitmen memberikan pelayanan bagi masyarakat untuk urusan kesehatan, pameo selama ini tentang membeda-bedakan pelayanan bagi masyarakat yang ikut BPJS dengan yang tidak adalah pernyataan yang  keliru.


"Kami selalu melayani dengan standar yang ada, ditambah dengan fasilitas dan sarana dan prasarana yang representatif untuk faskes tingkat 1 bagi masyarakat tercinta dengan berkomitmen menjalankan Janji Layanan Jaminan Kesehatan Nasional yang MUDAH, CEPAT dan SETARA," ungkapnya. (FS)

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.