Luar Biasa, Payakumbuh Raih Hattrick Penghargaan Inovasi Tepat Guna Tingkat Provinsi Sumatera Barat

 


Payakumbuh --- Tidak henti-hentinya Kota Payakumbuh memborong berbagai penghargaan inovasi, belum lama ini pada ajang Sumbar Innovation Awards Tahun 2023 bersamaan dengan Acara PENAS XVI 2023, Kota Payakumbuh sukses meraih 2 kategori peringkat 1 dalam Penghargaan Inovasi Tepat Guna Tingkat Provinsi Sumatera Barat mengalahkan Kabupaten/Kota lainnya.


Kali ini, untuk ketiga kalinya (hattrick) pada tahun 2023, Kota Payakumbuh memboyong hadiah pada acara resepsi HUT RI ke-78 yang dilaksanakan di pendopo istana kegubernuran Sumatera Barat, Kamis (17/8). 


Penghargaan inovasi untuk Kategori Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diusung oleh tim Bappeda Kota Payakumbuh bersama Inovator Ronaldi Zamora dari SMA IBS Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh dengan mengusung inovasi Smart Solar Generator Energy Berbasi IOT. Penghargaan yang diserahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumbar itu diterima langsung oleh Subkor Inovasi dan teknologi Bappeda Kota Payakumbuh Robby Hafanos.


Elzadaswarman, SKM, MPPM selaku Asisten Ekonomi dan Pembangunan mewakili Sekretaris Daerah kepada media menyampaikan kalau prestasi yang diraih ini merupakan suatu kebanggaan bersama, Kota Payakumbuh kaya dengan inovator-inovator hebat yang mampu bersaing dengan daerah-daerah lain. 


"Semoga inovasi yang diciptakan mampu memberi manfaat kepada masyarakat nantinya," ujarnya.


Disisi lain, Pj. Wali Kota Rida Ananda juga menyampaikan selamat kepada inovator yang telah membanggakan Kota Payakumbuh, semoga terus berkarya dengan inovasi-inovasi lainnya dan memotivasi para calon-calon inovator dan inventor lainnya untuk mampu berinovasi demi kemajuan daerah.


"Kami bangga dengan terus banyaknya inovator teknologi tepat guna di Kota Payakumbuh, ini tentu akan mendorong meningkatnya pengembangan industri di kota ini," ungkapnya.


Senada, Kepala Bappeda Yasrizal selaku pembina inovasi di Kota Payakumbuh merasa puas dengan hasil yang dicapai oleh tim inovasi yang dilaksanakan oleh Bidang Penelitian Pengembangan Evaluasi Bappeda, dimana pada tahun 2023 ini sudah terdapat 3 Penghargaan terkait dengan Karya inovasi teknologi dan Teknologi Tepat Guna. 


"Semoga tahun depan dapat mewakili diajang tingkat nasional," harapnya.


Koordinator Inovasi dan Teknologi Bappeda Robby Hafanos saat ditemui media menyampaikan pelaksanaan kegiatan kompetisi inovasi yang diadakan provinsi Sumatera Barat merupakan wadah dan media dalam penjaringan bagi inovator di daerah. 


"Pemerintah Kota Payakumbuh selaku fasilitator melalui tim inovasi daerah dalam hal ini akan selalu siap mendampingi terhadap pengembangan inovasi bagi inovator-inovator lokal dengan memberikan prestasi gemilang dalam mengharumkan nama Kota Payakumbuh," pungkasnya. (FS)

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.