BPJS Kesehatan Sediakan Loket Pengaduan Di Rumah Sakit, Masyarakat Bisa Mengadukan Keluhan Disini


Payakumbuh ---- Loket pelayanan informasi BPJS kesehatan dan Portal QR di fasilitas kesehatan dilaunching di RSKIA Annisa, Jumat (29/9).


Dalam acara launching tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Wawan Sofianto, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Defiyanna Sayodase, Direktur RSKIA Annisa dr. Suhadi, Ketua IDI Payakumbuh-Limapuluh Kota dr. Ryan Hendri, dan tamu undangan lainnya.


Untuk informasi, loket pelayanan informasi BPJS kesehatan dan portal QR di fasilitas kesehatan ini merupakan komitmen RSKIA Annisa dalam mewujudkan mutu pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS.


Ini menjadi layanan yang pertama bagi BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh dengan memperkuat sinergi dan komunikasi antara BPJS dan rumah sakit dalam memberikan kemudahan mengakomodir keluhan-keluhan pasien. Ditambah dengan adanya digitalisasi pelayanan dalam mengurus antrian online dan fingerprint.


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Defiyanna Sayodase mengungkapkan saat ini BPJS Kesehatan bersama-sama dengan fasilitas Kesehatan fokus kepada Transformasi Mutu Layanan dimana salah satu pengejawantahan dari Transformasi Mutu Layanan di FKRTL adalah melalui penyediaan Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dengan tujuan untuk untuk menjawab kebutuhan peserta dalam mendapatkan kemudahan akses atas informasi serta kecepatan dan kepastian dalam memperoleh tindak lanjut atas penyampaian pengaduan terkait pelayanan dalam Program JKN di FKRTL.

"Petugas FKRTL yang ditunjuk akan melaksanakan tugas pemberian informasi dan penanganan pengaduan Peserta JKN atas pelayanan di FKRTL dan melakukan pencatatan pada sistem informasi. Petugas FKRTL juga dapat berkolaborasi dengan Petugas EP3RS BPJS Kesehatan atau BPJS Satu, baik yang berada onsite ataupun mobile," ujarnya.

Selain Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan, tambah Defi, upaya peningkatan mutu pelayanan di FKRTL diwujudkan melalui peluncuran Portal QR BPJS di Faskes (POROS) yaitu proses melalui digitalisasi layanan bagi Peserta BPJS Kesehatan untuk dapat mengakses aplikasi pendukung yang disediakan BPJS Kesehatan dalam proses pelayanan kesehatan di Faskes yang terdiri dari Penyampaian Kessan (Kesan dan Pesan setalah pelayanan), Permintaan Informasi dan Penyampaian Pengaduan (SIPP), Daftar dan Checkin Antrean Online dan Melakukan skrinning kesehatan

"Kami berharap tentunya dengan implementasi Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan Portal QR di Fasilitas Kesehatan(POROS) ini, dapat meningkatkan mutu layanan yang mendorong meningkatknya kepuasan peserta terhadap Program JKN. Serta setiap permintaan informasi dan pengaduan yang disampaikan Peserta JKN diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan cepat dan tuntas," pungkasnya.

Kegiatan launching ini dilakukan secara serentak di seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan di Indonesia, BPJS Kesehatan akan terus berkolaborasi untuk memperluas akses layanan berkualitas guna memberikan pelayanan terbaik bagi peserta JKN dan mendukung upaya mencapai indonesia yang lebih sehat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan kota Payakumbuh Wawan Sofianto mengapresiasi hadirnya loket pelayanan informasi BPJS kesehatan dan portal QR di fasilitas kesehatan ini. Kehadiran kedua platform ini tentu semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.


"Kami juga mendorong ini segera hadir di rumah sakit milik pemerintah daerah, dengan begitu ada sinergi untuk mendukung Pelayanan Kesehatan yang akan berdampak positif terhadap perlindungan kesehatan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa selalu meridhoi langkah kita, demi mewujudkan Indonesia yang lebih sehat," harap Wawan. (FS)

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.