Bupati Eka Putra Diganjar Penghargaan Dari Baznas RI

Dukung Pengelolaan Zakat Di Tanah Datar, Bupati Eka Putra Diganjar Penghargaan Dari Baznas RI
Jakarta, Maklumatnews - Bupati Tanah Datar Eka Putra raih penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI pada Kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik pada Baznas Award 2024.

Penghargaan ini diberikan Presiden Republik Indonesia diwakili Menag RI Yaqut Cholil Qoumas kepada Bupati Eka Putra selepas acara resmi Baznas Award di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (29/2). 

Presiden melalui sambutan yang dibacakan Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa zakat telah memberikan dampak yang baik kepada masyarakat melalui berbagai programnya. 

"Beberapa waktu lalu hampir semua bantuan bersifat konsumtif namun saat ini sudah ada bantuan sosial yang kita tingkatkan efektifitas zakat guna mengurangi kemiskinan di tengah masyarakat serta ikutmembantu pembangunan di Indonesia," sampainya.

Sementara itu ketua Baznas RI KH. Noor Achmad sampaikan, "Presiden selalu menghimbau gubernur, Bupati dan Walikota se Indonesia untuk menyalurkan zakat di Baznas, sehingga tahun 2023 dicapai dana sebesar Rp33 triliun dengan 650 juta jiwa penerima manfaat, dan tahun 2024 ditargetkan menjadi Rp41 triliun degan penerima juga meningkat," sampainya. 
Bupati Eka Putra disela-sela kegiatan katakan, "Penghargaan ini berkat sumbangsih semua masyarakat Tanah Datar yang menyalurkan zakatnya kepada Baznas Tanah Datar”.

“Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih kepada ASN, masyarakat, perantau, pengusaha, pedagang dan pihak-pihak lainnya yang telah menyalurkan zakatnya semoga di BAZ Tanah Datar semoga amal ibadah muzaki menjadi pahala di sisi Allah SWT," sampainya. 

Ditambahkan Eka Putra, "Baznas telah bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam memprogramkan kegiatannya, sehingga telah banyak masyarakat dan generasi muda yang terbantu, baik itu bantuan sosial ataupun bantuan pendidikan”.

Terakhir Bupati juga menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada dirinya dalam kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat, "Penghargaan ini milik kita semua masyarakat Tanah Datar terutama bagi para Musakki menyalurkan zakat di Baznas Tanah Datar, ini akan menjadi pendorong dan penyemangat bagi kita untuk terus meningkat lagi ke depannya," tukasnya. 
Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah menyampaikan penghargaan tersebut baru pertama kali diraih Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, khususnya di kategori Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat.

"Penghargaan ini murni penilaian dari tim Baznas RI kepada Bupati Tanah Datar, terhadap dukungan beliau kepada Baznas Tanah Datar. Alhamdulillah, menjadi salah satu Bupati terbaik dari 58 Bupati se Indonesia," sampainya. 

"Alhamdulillah sejak beliau menjabat, dari Rp11 Miliar target Baznas, tercapai sebesar Rp11,1 miliar dan sampai saat ini penerimaan kita sudah mencapai Rp450 juta per bulan. Dan untuk peruntukkan dan penggunaannya pak Bupati tidak intervensi, namun menyerahkan kepada Baznas Tanah Datar untuk dikelola dengan baik, sesuai aturan dan kaidah yang dibenarkan," terangnya. 

"Baznas meluncurkan berbagai program diataranya Tanah Datar Tercerdas untuk mendukung sektor pendidikan dengan memberikan beasiswa dari SD sampai SLTP dan biaya masuk perguruan tinggi, bidang Kesehatan dimana pak Bupati menegaskan jangan sampai ada masyarakat miskin sedang sakit tidak bisa berobat di RSUD M. Ali Hanafiah," ujarnya. 

Kemudian juga ada progran Tanah Datar Makmur yakni bantuan Modal usaha, program Rehab Rumah Tidak Layak Huni 3 rumah per kecamatan dengan biaya Rp25 juta sampai Rp27,5 juta per rumah, bantuan bencana seperti kebakaran dan Program Dakwah dan Advokasi dalam rangka membantu dan mendukung untuk mewujudkan kabupaten Madani, dengan menempatkan 14 da'i di kecamatan. (Pinos, rls

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.