Rafikah Santri Berprestasi Asal Kapar Pasaman Barat Terkendala Biaya ke Mesir

PASAMAN BARAT -Rafikah warga Nagari Kapar, Pasaman Barat diumumkan lulus kuliah ke Universitas Al-Azhar Mesir namun sayang terkendala biaya keberangkatan.

Hal tersebut diungkap Rafikah kepada Awak Media Jum'at, (7/8/2020), untuk berangkat ke Mesir mebutuhkan biaya sekitar Rp 50 juta. Tapi apalah daya, orang tua hanya petani pepaya di kampung dengan penghasilan yang pas-pasan untuk membiayai hidup tujuh orang saudaranya.

“Saya lulus seleksi masuk perguruan tinggi Universitas Al-Azhar Mesir melalui program PUSIBA yang diselenggarakan pada tanggal 10-12 Juni 2020 yang diikuti 1.000 lebih peserta se Indonesia dan akan berangkat ke Mesir Desember 2020 mendatang,” terang Rafikah.

Rafikah merupakan lulusan terbaik wisuda Pondok Pesantren Arabi Darul Yamani Pisang Hutan tahun 2020. Selain itu saat nyantri di pondok selama 6 tahun Rafikah tidak pernah absen menorehkan prestasi-prestasi gemilang diantaranya selalu juara 1 dan juara umum di pondok, tahun 2017 juara 3 lomba baca kitab kuning se Kabupaten Pasaman Barat, tahun 2018 juara lomba duta hafiz se Sumatera Barat dan sekarang Rafikah hafiz 10 juz al-Qur’an serta masih banyak prestasi-prestasi lainnya.

Anak ke lima dari tujuh bersaudara pasangan Asman (58) ayah dan Erda (54) Ibu, memiliki tekat yang kuat untuk bisa menimba ilmu agama ke Mesir meskipun dia sadar dengan kondisi perekonomian keluarga yang tidak memadai.

“Saya tidak akan pernah berhenti bercita-cita untuk bisa menuntut ilmu agama di Negeri Timur Tengah tersebut. Meskipun keluarga pas-pasan tapi ada Allah SWT yang maha kaya. Jika Allah SWT ridho maka mudah bagi Allah SWT untuk mengizinkan saya menuntut ilmu agama ke Mesir dengan jalan apapun yang tidak terduga,” tuturnya.

Sebagai bentuk usaha Rafikah dan keluarga mengajak para donatur untuk membantu meringankan langkahnya menuntut ilmu agama di salah satu universitas tertua di dunia tersebut. Bentuk bantuan bisa diantar langsung ke rumah jalan Simpang Tigo Kapar, Jorong Kapar Timur, Nagari Kapar, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat.

Atau melalui rekening Bank Nagari atas nama Rafikah 7103.0204.00554.1 untuk konfirmasi bisa menghubungi 085271021543.

“Besar harapan kami semoga para donatur dapat membantu meringankan langkah Rafikah untuk menggapai cita-citanya. Semoga bantuan yang diberikan, Allah SWT lipatgandakan balasannya. Amiiin,” pungkas Asman, orang tua Rafikah. (fy)
Labels: ,

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.