Ada Perbedaan Hari Pelaksanaan Sholat Idul Adha, Rida Ananda Himbau Masyarakat Payakumbuh untuk Tidak Terpecah Belah

 

Payakumbuh – Ribuan jamaah padati halaman Kantor Balai Kota Payakumbuh ikuti sholat Idul Adha 1444 Hijrah. Dan bertindak sebagai imam dan khatib Ustadz Yusron Lubis, Kamis (29/06/2023).

Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengucapkan selamat hari raya idul adha 1444 H kepada seluruh umat muslim khususnya di Kota Payakumbuh.

“Taqobbalallahu minna wa minkum Taqobbal yaa karim, Selamat Idul Adha 1444 H, Mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan dan khilaf selama setahun terakhir,” kata Pj. Wako Rida Ananda.

Walaupun ada perbedaan dalam melihat wujudul hilal, sebagai pertanda masuknya 1 Zulhijjah, Rida berharap perbedaan ini jangan dijadikan sebagai alasan untuk berpecah belah. Tetap jaga keharmonisan dan saling menghargai.

“Momentum yang berharga ini mengajarkan kita tentang kesabaran, ketekunan, dan pengorbanan yang menjadi landasan dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan berkah,” ucapnya.

Pj. Wako menyebut, tahun ini Pemko Payakumbuh kembali menyelenggarakan program ASN berkurban dengan memotong 5 ekor sapi yang diikuti 35 orang ASN.

“Pada ASN berkurban ini, bagian daging terbaik dari hewan-hewan yang dikorbankan ini akan kita olah menjadi rendang yang lezat di sentra Rendang Kota Payakumbuh,” ujarnya.

“Nanti rendang ini akan kita bagikan kepada kaum miskin yang membutuhkan, serta untuk situasi darurat maupun bencana yang memerlukan bantuan segera,” tambahnya.

Rida juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk memperkokoh semangat tolong-menolong serta semangat gotong royong saling bahu-membahu mewujudkan masyarakat yang adil, sejahtera, dan berkeadilan.

“Kami berharap semangat kebersamaan dan tolong-menolong ini akan membantu kita menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat dalam upaya pengentasan kemiskinan ekstrim, pengurangan angka stunting, dan peningkatan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu Kakan kemenag Kota Payakumbuh Joben mengatakan saat ini lebih kurang 2,5 juta umat islam sedang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, 250 orang diantaranya merupakan jamaah haji asal Kota Payakumbuh.

“Alhamdulillah, sampai saat ini jamaah haji kita dalam keadaan sehat wal agiat, walaupun 47 persen diantaranya sudah berusia lebih dari 70 tahun. Dan saat ini jamaah haji kita ini sedang melontar jumrah,” katanya.

Joben menyebut, untuk kurban tahun 1444 H ini di Payakumbuh, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih. Terdiri dari kerbau, sapi dan kambing.

“Untuk Payakumbuh Barat, kerbau 1 ekor sapi 482 ekor dan kambing 75. Di Payakumbuh Utara, kerbau 7 ekor sapi 468 dan kambing 66. Payakumbuh Timu sapi 178 ekor dan kambing 41 ekor. Sedangkan di Payakumbuh Selatan sapi 104 ekor dan kambing 33 ekor. Dan untuk Kecamatan Latina ada kerbau 9 ekor sapi 91 kambing 9 ekor. Totalnya kerbau ada 17 ekor sapi 1323 ekor dan kambing 224 ekor,” terangnya.

Khatib sekaligus imam Yusron Lubis, dalam pelaksanaan Ibadah Idul Adha itu mengajak umat Islam untuk terus bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah, sebab jika bersyukur nikmat itu akan terus ditambah. Namun jika kufur terhadap nikmat itu, maka azab Allah juga amat pedih, baik di dunia maupun akhirat.

”Mari kita terus bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah, sebab nikmat itu akan terus ditambah. Namun jika kita kufur, sesungguhnya azab Allah amat pedih di dunia maupun di akhirat,” pungkasnya. (MS)

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.