PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI NAGARI RANAH PANTAI CERMIN, KABUPATEN SOLOK SELATAN


Solok Selatan –
Dosen dari dua perguruan tinggi di Sumatera Barat, yaitu Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) dan Universitas PGRI Sumatera Barat (UPGRISBA) berkolaborasi mengadakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) di Nagari Ranah Pantai Cermin, Kabupaten Solok Selatan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh dosen, dan merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh setiap pendidik di tingkat perguruan tinggi. Pengabdian pada Masyarakat kali ini diadakan dengan tema “Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Nagari Ranah Pantai Cermin Kabupaten Solok Selatan”. Tujuannya adalah untuk memberikan pelatihan dan penyuluhan serta pendampingan pada kaum perempuan agar memiliki skill atau keahlian yang dapat diberdayakan dalam membantu ekonomi keluarga.


Kegiatan ini dilakukan oleh Ernadwita, Erningsih, Yenita Yatim, Gustia Harini, dan Indra Rahmat. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa yang ditujukan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa yang bersangkutan sekaitan dengan kegiatan lapangan yang dapat dilakukan di luar kampus. Peserta yang disasar oleh tim Pengabdian pada Masyarakat ini adalah ibu-ibu di Nagari Ranah Pantai Cermin, kegiatan dilaksanakan pad Rabu, tanggal 19 Juli 2023, berlokasi di aula serba guna kantor Wali Nagari Ranah Pantai Cermin. Kegiatan ini dihadiri juga oleh wali nagari, Zul Nasri.


Ernadwita menyatakan bahwa “kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan setiap semester dan selalu melibatkan mitra dari berbagai daerah” ujarnya ketika diwawancarai ditengah acara berlangsung (19/07/2023)


Yenita Yatim menegaskan bahwa kegiatan yang dilakukan kali ini bertujuan untuk mencipatakan perempuan yang berdaya guna demi membantu ekonomi keluarga. “jika perempuan memiliki keterampilan, maka diharakan mampu untuk membantu meringankan kerja suami dalam mencari nafkah” tambahnya.

Wali Nagari, Zul Nasri, menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar kegiatan yang dilakukan oleh dosen dari UMSB dan UPGRISBA ini dapat dilakukan lagi di Nagari Ranah Pantai Cermin dalam tema dan kegiatan yang berbeda.(***)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.