Anggota DPR RI Muhammad Iqbal Ikut Perjuangkan Limapuluh Kota Dan Payakumbuh Juluk Dana Inpres 2023


Payakumbuh ---- Angin segar didapatkan oleh pemerintah daerah untuk menjuluk dana pembangunan program instruksi presiden tahun 2023 yang merupakan salah satu program percepatan pembangunan infrasturktur yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR.


Salah satu wakil rakyat yang ada di DPR RI dari Daerah Pemilihan Sumatera Barat II dari Partai PPP, Muhammad Iqbal yang kini menjabat Wakil Ketua Komisi V dimana mitra kerjanya adalah Kementerian PUPR ikut memperjuangkan daerah pemilihannya untuk mendapatkan dana dari program Inpres 2023 tersebut.


Media ini mendapat informasi dari Tenaga Ahli Muhammad Iqbal, Chairil Chan "Adek" via seluler, Jumat (28/7) yang memberikan keterangan kalau Limapuluh Kota mendapat 1 ruas jalan dari 27 yang diusulkan dan Kota Payakumbuh mendapatkan 3 ruas jalan dari 5 yang diusulkan.


Chairil Chan yang merupakan Putra Asli Batu Hampar, Kecamatan Akabiluru itu menyebut program Inpres 2023 ini hadir untuk mempercepat pembangunan jalan daerah. Sebagai Wakil Ketua Komisi V di DPR RI dengan mitra kerja salah satunya Kementerian PUPR, Muhammad Iqbal malah ingin agar dana itu banyak tersalurkan ke Kabupaten Limapuluh Kota, pihaknya mencari solusi dengan bertemu sekaligus melakukan sosisalisasi dengan wali nagari terkait kebutuhan aspirasi masyarakat.

"Ada 6 daerah yang diusulkan mendapatkan program inpres 2023, yakni Kabupaten Agam, Pasaman, Limapuluh Kota, dan Padang Pariaman, serta Kota Payakumbuh dan Pariaman," katanya.


Adek menjelaskan, Muhammad Iqbal mengusulkan sebanyak 27 usulan untuk perbaikan infrastruktur di Kabupaten Limapuluh Kota, seperti:

1. SP TARATAK-SITANANG

2. SP SUNGAI IPUAH-AMPALU

3. HALABAN-SP TEMBOK

5. BUKIK SIKUMPA PADANG BALIMBIANG (PADANG CUBADAK)

6. SP BATU AMPA-SUAYAN

7. PIOBANG-KOTO PANJANG (SUNGAI BERINGIN) 

8. TAEH BARUAH-TAEH BUKIK

9. JALAN POROS TANJUNG BALIK PANGKALAN.

10. BUKIK APIK SARIAK LAWEH

11. JALAN SIMPANG LURAH BONJO- BATU KAPUA

12. JALAN BULUH KASOK BATAS RIAU, 

13. JALAN LINGKAR PUSKESMAS LIMBANANG

14. JALAN SIMPANG TEMBOK KOBUN HALABAN

15. BUKIK APIK LUAK BEGAK TALANG ANAU

16. SITUJUAH BATUAH-SAWAH LAWEH

17. SIALANG ATEH-RONAH BINGKEK

18. JALAN LURAH BONJAU-BATU KAPUR

19. JALAN MANGUNAI AMPALU

20. JALAN PILADANG-BATU AMPA.

21. LOMPEK-PAMOSIAN

22. SIMPANG ANDIANG-MAEK

23.JEMBATAN SAWAH GADANG SITANANG

24. JEMBATAN LOMPEK NAGARI HALABAN

25. JEMBATAN AMPALU

26. JEMBATAN TALAWEH

27. JEMBATAN BULUH KASOK.

Namun, kata Adek, dari 27 yang direkomendasikan, karena kurang lengkapnya syarat yang diminta oleh pusat, akhirnya terealisasi cuma 1, yakni jalan di Tanjuang Balik, sepanjang 5 Km dengan anggaran 13 miliar.

"Iqbal tidak pernah memberikan prioritas-prioritas pada daerah, tapi dimana saja wilayah Sumbar 2 yang paling urgen butuh pembangunan tentu diusulkan sepanjang memenuhi persyaratan," ungkapnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Payakumbuh mengusulkan 5 ruas jalan, seperti:

1. JL.RKY.RASUNA SAID

2. JL.PROF.DR.HAMKA

3. JL.KH.AGUS SALIM

4. JL.RASYID TAHER

5. JL.ADE IRMA SURYANI

"Di antara 5 rekomendasi ini, 3 lolos dan saat ini tengah berlangsung proses pembangunannya, yakni di JL.PROF.DR.HAMKA, JL.KH.AGUS SALIM, dan JL.RASYID TAHER," terangnya.

Adek menerangkan, walaupun 50 kota saat ini hanya mendapatkan 1 paket jalan inpres tahap pertama ini, diharapkan untuk tahap 2 nanti bisa bertambah lagi dengan cara melengkapi persyaratan yang diminta pemerintah pusat, dan terus ditambah.


"Nanti bisa ditambah lagi, Muhammad Iqbal selalu siap memperjuangkan tentang inpres jalan ini, jika persyaratan sudah dipenuhi oleh Pemda," kata Adek 

Adek menambahkan, selain fokus pada infrastruktur, Muhammad Iqbal termasuk wakil rakyat yang juga aktif untuk memperjuangkan program bedah rumah, dari 2000an yang diusulkan di Sumbar II, 500nya buat Limapuluh Kota untuk direkomendasikan.

"Untuk program bedah rumah, kita sudah realisasikan sebanyak 430an rumah, setelah lolos hasil verifikasi. Bahkan kegiatan jalan rabat beton sebanyak 29 di Sumbar 2, ada 9 yang dilaksanakan di Limapuluh Kota, tapi sayang untuk Inpres 2023 ini pemda kurang aktif berkolaborasi," pungkasnya. 


Sementara itu, berkat upaya Muhammad Iqbal menjuluk dana inpres tersebut, mendapat ucapan terimakasih dan apresiasi dari Kader PPP Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Menurut mereka, Chairil Chan Adek selaku Tenaga Ahli dan Muhammad Iqbal sebagai Anggota DPR RI sangat berperan membawa program inpres jalan ke Payakumbuh dan Limapuluh Kota.


"Program yang dibawa Muhammad Iqbal sangat bagus untuk pembangunan di Luak Limopuluah dan dapil II Sumbar. Karena program inpres ini membangun infrastruktur yang bisa meningkatkan perekonomian masarakat. Apalagi saat ini di Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota kekurangan keuangan untuk membangun. Kami sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya," kata Ketua DPC PPP Kota Payakumbuh Fitrayanto dan Ketua DPC PPP Kabupaten Limapuluh Kota Ermizal Jalinus ketika dikonfirmasi media secara terpisah. (FS)

Labels:

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.