Niat Tulus Pengabdian, Rafinos Maju Balon Wanag Rambatan

Niat Tulus Pengabdian, Rafinos Maju Dalam Kontestan Pilwanag Rambatan


Tanah Datar, Maklumatnews - "Keinginan kuat untuk memajukan serta pengembangan nagari Rambatan ke arah yang lebih baik lagi menjadi dasar dalam bentuk pengabdian nyata dari keikut sertaan saya dalam Pilwanag kali ini".

Hal itu disampaikan Rafinos, S. Sos salah satu balon wali nagari Rambatan ketika ngopi bareng dan makan siang bersama rekan- rekan awak media, di rumah makan nasi tungkui daun Lubuak Batang Pariangan  Rabu (09/08). 

Dikatakanya, "Tujuan saya untuk maju dalam pemilihan Wali nagari Rambatan, jika diberi amanah oleh masyarakat insyallah berbagai Inovasi akan saya lakukan dengan segenap kemampuan dalam memajukan daerah dengan memberdayakan potensi potensi daerah serta menciptakan peluang usaha ekonomi kerakyatan, " katanya. 

"Sektor ekonomi kerakyatan menjadi prioritas saya dalam kinerja yang dilaksanakan seperti beternak belut, lele dan komoniti ternak lainnya di setiap rumah masyarakat yang bernilai ekonomis tinggi, disamping penguatan kehidupan beragama, penerapan Adat basandi Syar', Syara' basandi Kitabullah (ABS-SBK) , tambahnya lagi. 

Kelahiran Pabalutan 13  Februari 1970 silam, Rafinos yang biasa dipanggil Pak O merupahkan seorang jurnalis (Wartawan) yang sudah berkarir semenjak tahun 1995 serta merupahkan pengusaha ayam pedaging di daerahnya Bukit Siangok Jorong Pabalutan kecamatan Rambatan. 

Menempuh jenjang pendidikan tamat Sekolah Dasar (SD) Negeri 05 Pabalutan tahun 1983, SMP Negeri 1 Rambatan Tahun 1986, SMEAN Batusangkar Tahun 1990 dan STAI Al Hikma Pariangan Tahun 2012.

Menurutnya Rafinos Nagari rambatan memiliki banyak sawah tadah hujan dan areal pertanian kering dulu nya merupakan sentra  penghasil jagung  di kabupaten Tanah Datar, untuk itu  menurutnya mengolah lahan tersebut dari lahan  tidur menjadi lahan potensial dengan majsimal. 

"Sawah tadah hujan rata-rata menghasilkan panen 2 x pertahun musim tanam dari 3x musim panen, untuk kekosongan 1x masa tanam akan diganti dengan tanaman selain padi seperti jagung, Cabe,  dan kacang-kacangan yang akan difasilitasi oleh anggaran nagari, InsyaAllah doakan saja, "ujar Rafinos.

" 2 keuntungan akan didapatkan melalui sistem seperti itu, pertama sumber penghasilan tetap didapat dan kedua sebagai upaya memutus mata rantai pertumbuhan hama tanaman padi selama satu musim, pungkasnya. 

Dengan pengalaman organisasi yang dimiliki mulai dari tingkat jorong, nagari, kecamatan bahkan tingkat kabupaten seperti ketua Asosiasi Petani Kakao Indonesia kabupayen Tanah Datar, ketua Ormas Laskar Merah Putih cabang Tanah Datar dan Sekretaris Komite Wartawan Reformasi Indonesia Tanah Datar. 

Juga pernah menjabat ketua Masjid, ketua kelompok Tani, pengurus BKMT kecamatan Rambatan dan pengurus organisasi kepemudaan baik jorong ataupun nagari menjadi nilai plus untuk Rafinos sebagai figur siap uji dan berpengalaman melangkah di nagari. (Tim). 

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.