Nagari Pagaruyung Suguhkan 1000 Lapek Kuniang

1000 Lapek Kuniang Warnai Pembukaan Festival Adat Salingka Nagari 
Tanah Datar, Maklumatnews - Berlangsung dari tanggal 7 sampai dengan 8 Oktober 2023, Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, dari 1000 Lapek Kuniang, Arak-arakan, Makan Bajamba, Jelajah Wisata Alam Pagaruyung, Permainan Anak Nagari dan Lomba Yasinan.

Ivent kegiatan Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event bertajuk Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung, tersebut secara resmi dibuka langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra di Istano Silinduang Bulan, Sabtu (7/10).

Bupati Eka Putra menyebutkan, "Digelarnya Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung ini akan memberikan multiplier effect bagi masyarakat sekitar seperti penyelenggaraan Progul Satu Nagari Satu Event di Nagari-nagari sebelumnya".

"Harapan kita, melalui Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung banyak manfaat yang akan didapat. Tetapi yang paling penting ialah mengenalkan kembali adat, budaya dan kekayaan budaya Nagari Pagaruyung ke Masyarakat," ujarnya.

"Event yang kedua kalinya digelar ini, sebagai bentuk kepedulian masyarakat Nagari Pagaruyung pelestarian adat dan budaya. Selain, wadah memperkenalkan UMKM yang akan meningkatkan ekonomi masyarakat," ujaranya.

"Begitu banyak potensi wisata di Nagari Pagaruyung ini. Untuk itu, kita mengajak masyarakat memviralkan selama kegiatan di Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung. Mudah-mudahan acara ini, memberi dampak positif bagi masyarakat Pagaruyung khususnya dan Tanah Datar umumnya," ujarnya.

Sementara itu, Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Pagaruyung Darur Qoror Sultan dr. H. M. Farid Thaib Tuanku Abdul Fatah mengucapkan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung melalui Progul Satu Nagari Satu Iven.

"Alhamdulillah, melalui kegiatan ini masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas dilingkungan Istano Silinduang Bulan, yang memang diperuntukan bagi masyarakat. Dan, Terima kasih ke Pemerintah Daerah atas telenggaranya kegiatan ini," ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Tokoh Masyarakat Eri Hendri. S.P berharap Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung dapat berjalan dengan lancar mulai dari pembukaan hingga penutupan acara tersebut.

Dalam sambutannya Wali Nagari Pagaruyung Irmaidinal, Dt. Mogek sampaikan, "Kita yakin dan percaya, Festival Adat Salingka Nagari Pagaruyung akan berdampak baik untuk masyarakat Nagari Pagaruyung. Beberapa diantaranya, yakni melestarikan adat dan budaya, meningkatnya ekonomi masyarakat dan terjalinnya tali silaturahmi masyarakat Nagari Pagaruyung".

Tampak hadir dikesempatan itu,ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat, Puti Reno Raudhatul Jannah Thaib Yang Dipertuan Gadih Pagaruyuang, ketua DPRD Tanah Datar Ronny Mulyadi Dt. Bungsu, ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian, camat Tanjung Emas Zulkifli Idris, KAN, BPRN, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Pinos/rls)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.