Waqaf Hafizh Pertama Di Rumah Tahfizh Darurrahma

Rumah Tahfizh Darurrahma Jorong Aia Angek Gelar Waqaf Hafizh Perdana
Tanah Datar, Maklumatnews - Sebanyak 27 santri ikuti perayaan Waqaf Hafiz 1 (Satu) yang digelar Rumah Tahfizh Darurrahma Jorong Aia Angek, Nagari Batu Basa, Kecamatan Pariangan, Senin (30/10).

Bupati Tanah Datar Eka Putra  mengungkapkan bahwa kegiatan itu menjadi sejarah bagi Rumah Tahfizh Darurrahma, yang berupaya mendorong lahirnya generasi Qurani.

"Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Tentu ini, adalah salah satu bentuk implementasi Program Unggulan (Progul) satu rumah satu hafizh," ujar Bupati Eka Putra.

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra mengusulkan seluruh Rumah Tahfizh di Tanah Datar agar memiliki unit usaha yang menciptakan multiplier effect bagi kesejahteraannya.

"Dalam berbagai pertemuan dengan perantau-perantau, salah satu pembahasannya yakni bagaimana membantu Rumah Tahfizh agar memiliki unit usaha, seperti yang dirintis Rumah Tahfizh Darurrahma," ujar Bupati Eka Putra.

"Tahun ini, Nagari terbanyak yang memiliki Hafizh adalah Nagari Pandai Sikek. Harapan kami, adanya Rumah Tahfizh Darurrahma akan meningkat jumlah Hafizh di Nagari Batu Basa," ujar Bupati Eka Putra.

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia Miftah Nofi menyebutkan Rumah Tahfizh Darurrahma dibangun secara swadaya di atas tanah waqaf seorang tokoh masyarakat setempat.

"Ditahun 2020, masyarakat baik dirantau dan kampung halaman berinisiatif untuk membangun Rumah Tahfizh di tanah waqaf ini. Alhamdulillah, bisa terealisasi secara swadaya dan hari ini dilaksanakannya waqaf Hafizh pertama sekaligus Khatam Qur'an," ujarnya.

Ia mengatakan proses pembelajaran di Rumah Tahfizh Darurrahma  dilakukan disubuh hari. Hingga sampai sampai saat ini, masih diterpakan secara konsisten.

"Kita menerapkan metode pembelajaran di waktu subuh. Kita melakukan pembelajaran itu, dimulai dengan shalat subuh berjamaah, dilanjutkan pembelajaran Tahfizh. Ini masih kita terapkan sampai sekarang," ujarnya.

"Program edukasi dengan membangun beberapa destinasi telah direncanakan. Mudah-mudahkan ini, mendapat dukungan seluruh pihak," ujarnya.

Turut hadir pada saat itu, mantan bupati M. Shadiq Pasadiqoe, camat Pariangan Mulkhairi, wali Nagari Batu Basa Jalinus, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat dan Tamu Undangan lainnya. (Pinos/rls)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.