Calon Anggota DPRD Niniak Mamak Tungga Babeleang Dari Nagari Aua Kuniang Irwanto Dt. Parmato Dirajo


Payakumbuh --- Irwanto Dt. Parmato Dirajo menjadi satu-satunya niniak mamak dari Nagari Aua Kuniang, Kecamatan Payakumbuh Selatan yang maju dalam pemilihan calon anggota DPRD Kota Payakumbuh Periode 2024-2029 pada pemilu 14 Februari 2024 mendatang.


Merunut kepada sejarah Pemilu 2009 silam, berkat kompaknya masyarakat Nagari Aua Kuniang yang berhasil mendudukkan 1 putra daerah hingga 3 periode di DPRD. Namun, pada Pemilu 2024 mendatang kursi tersebut ditinggalkan oleh incumbent, atau yang duduk saat ini tidak mencalonkan diri lagi sebagai Caleg.


"Karena tidak ada incumbent yang maju, maka saya didesak oleh masyarakat untuk maju ke DPRD, menjemput kursi tersebut, karena adanya anak Aua Kuniang di DPRD menjadi tempat bagi banyaknya aspirasi di nagari," kata Niniak Mamak kaampek suku itu kepada media, di Aua Kuniang, Kamis (14/12).


Melirik kepada latar belakang Irwanto Dt. Parmato Dirajo, dirinya bukanlah orang awam dalam birokrasi. Irwanto merupakan pensiunan ASN dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Bidang PAUD di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.


"Kalau untuk bekal ataupun ilmu tentang tugas dan fungsi dewan ini, tentu sedikit banyak kita sudah tahu," ungkapnya santai.


Selain itu, Irwanto juga tidak bisa menolak dorongan dari pemuda nagari agar dirinya maju sebagai calon anggota DPRD, hal itu bukan tanpa alasan, karena selama ini warga nagari Aua Kuniang sudah banyak merasakan dampak nyata program pembangunan, termasuk melalui aspirasi dari anggota DPRD.


"Alhamdulillah, kita juga diberikan kepercayaan oleh Ketua DPD Nasdem Kota Payakumbuh Erwin Yunaz untuk maju di nomor urut 4," ujarnya.


Lebih jauh, Irwanto mengatakan saat ini masih ada juga beberapa hal yang perlu dibenahi di Nagari Aua Kuniang, nagari yang punya banyak potensi namun belum optimal dikelola sehingga perlu adanya program-program fokus pemerintah yang dibawa ke nagari.


"Nagari Aua Kuniang ini punya keunikan dengan adanya permainan budaya Pacu Itiak, Kampung Perngrajin Bambu, dan objek wisata di perbukitan Panorama Ampangan, kita mau ini bisa dikembangkan dan dioptimalkan lagi agar memiliki dampak ekonomis kepada masyarakat," tukuknya.


Sementara itu, anak Nagari Aua Kuniang Fajar Malem Sitepu mengatakan semangat dan pilihan itu ada di tangan warga Nagari Aua Kuniang. Apabila gagal mempertahankan kursi yang sudah ada di DPRD saat ini, maka sudah jelas tak ada wakil rakyat yang bisa intim dengan birokrasi.


"Kita berupaya semaksimal mungkin menyatukan semangat dan persepsi nagari, memiliki dewan bukan hanya sebagai marwah kompaknya nagari, tapi juga merupakan bagian dari kemajuan pembangunan dalam nagari," pungkasnya. (Tim)

Labels: ,

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.