Festival Pesona Minangkabau Puncak Satu Nagari Satu Ivent

Pemukulan Tontong Berusia 300 Tahun Menandai FPM Kembali Digelar
Tanah Datar, Maklumatnews - Pagelaran Festival Pesona Minangkabau (FPM) kembali dilaksanakan yang merupakan puncak dari satu Ivent satu nagari dalam upaya "Mambangkik Barang Tarandam" kearifan lokal. 

Pembukaan FPM tersebut diawali pemukulan Tontong berusia 300 tahun yang berasal dari nagari Cubadak kecamatan V Kaum oleh Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Kurleni Ukar, Kamis (7/12). 

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya mengatakan, "Festival Pesona Minangkabau merupakan sebuah pesta perhelatan yang berisikan seni budaya dan kearifan lokal serta kekayaan seni budaya Minangkabau yang telah dikenal seantero nusantara dan bahkan ke dunia internasional".

"Untuk itu, kabupaten Tanah Datar sebagai wilayah tertua dan sebagai tempat asal usul etnis Minangkabau ikut bertanggung jawab dalam menjaga dan melestarikan budaya lokal agar tidak pupus tergerus zaman".

Disampaikannya lagi, bahwa pada event tahun 2023 ini akan ditampilkan 40 sanggar seni anak nagari terbaik dan rangkaian budaya yang ada di kabupaten Tanah Datar dan Luhak Nan Tigo Minangkabau selain juga ada penampilan sanggar dari Provinsi Jawa Tengah dan Jambi.

Sementara, Menteri Parekraf diwakili Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kurleni Ukar yang akrab dipanggil Nike dalam sambutannya saat membuka event tersebut menyampaikan apresiasi atas komitmen Pemerintah Tanah Datar yang selalu menggerakkan budayanya. 

"Tidak heran, jika festival pesona Minangkabau ini selalu masuk dalam kalender event nasional dan diyakini akan jadi event Nusantara karena selalu komit menyelenggarakan event budaya mulai dari tingkat nagari/desa sampai ke event besar saat ini," ucapnya.

Ke depannya, Nike selaku Menparekraf juga mengharapkan pelaksanaan FPM perlu menerapkan strategi otonomi yang mengedepankan narasi dan konten kreatif, kolaborasi dengan paket-paket wisata serta mengoptimalkan peran media digital sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional dalam rangka pencapaian target pergerakan 1,2 sampai 1,4 miliar wisma.

Diakhir sambutannya, Nike berharap event ini berjalan lancar dan sukses dalam upaya mempromosikan berbagai potensi dan capaian di sektor parekraf, merawat dan melestarikan tradisi seni budaya, mendorong kreativitas dan inovasi serta dapat berdampak positif pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Tanah Datar dan sekitarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan bahwa khusus di Tanah Datar terdapat banyak sekali event, mulai dari tingkat nagari yang membantu geliat perekonomian masyarakat meningkat seperti festival saat ini telah menciptakan banyak hal diantaranya meningkatkan pergerakan wisatawan ke Sumatera Barat.

Fasli Jalal selalu ketua Diaspora juga mengapresiasi kegiatan FPM 2023 dengan harapan Tanah Datar sebagai Luhak Nan Tuo untuk kembali merefleksikan bagaimana keunikan kultur di nagari kemudian bisa di kontekstualkan sehingga anak-anak muda juga makin cinta dan paham filosofi di balik ritual-ritual.

"Terima kasih kepada Pemprov dan Kabupaten yang telah memfasilitasi dan menjalin kemitraan antara Ranah dan Rantau. Ini membuktikan kami di rantau dan ranah tidak terpisahkan dan selalu berinteraksi saling membangun pada saat satu sama lain membutuhkan," pungkas.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Iqbal Ramadi Payana menyampaikan tujuan FPM tahun 2023 adalah untuk menjadikan bidang pariwisata sebagai sektor unggulan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Dijelaskannya, kegiatan FPM juga bersamaan dengan kegiatan Bundo Kanduang se dunia dengan jumlah 1.356 orang tamu undangan yang terdiri dari luar Tanah Datar 153 orang dan kurang lebih 600 orang dari bundo kanduang se dunia serta dari dalam Tanah Datar sebanyak 603 orang.

Ribuan masyarakat Tanah Datar tumpah ruah memadati Istano Basa Pagaruyung pada pembukaan Festival Budaya Minangkabau VI kali ini yang digelar dari tanggal 7 hingga 10 Desember 2023 mendatang. (Pinos) 

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.