Pemkab Gelar Pasar Murah Antisipasi Lonjakan Harga Pangan

Pemkab Gelar Pasar Murah Antisipasi Lonjakan Harga Pangan
Tanah Datar, Maklumatnews - "Untuk menstabilkan harga bahan pokok, hari ini Pemerintah Daerah nelalui dinas Pangan dan Perikanan kembali hadir di tengah-tengah masyarakat dalam kegiatan gerakan pasar pangan murah".

Hal itu diungkapkan bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Hendra Setyawan, Sekretaris Dinas Pangan dan Perikanan Irdayani ketika membuka secara resmi kegiatan GPPM tersebut dilapangan parkir Dinas Dukcapil Batusangkar, Kamis (28/3).

Dikatakan Eka Putra, "Gerakan pasar pangan murah ini dilaksanakan dalam rangka stabilisasi harga pangan atau lonjakan harga bahan pokok di pasaran berdasarkan keluhan dari masyarakat atas naiknya harga bahan pokok menjelang bulan ramadhan yang menimbulkan beban sangat berat bagi masyarakat".

"Di pasar murah ini menyediakan beberapa bahan pokok seperti beras, minyak goreng, telur, tepung, bawang, cabe merah dan hijau, kentang yang harganya lebih murah dari harga pasar, jadi ini mungkin bisa meringankan beban ibu-ibu", tambah Eka lagi. 

"Kegiata pasar pangan murah ini bukan hari yang pertama kita lakukan, ini yang ke-10 kali di seluruh Kabupaten Tanah Datar tidak hanya di kota Batusangkar juga di kecamatan-kecamatan di wilayah Tanah Datar," ungkapnya.

"Semoga dengan adanya pangan pasar sangat murah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kita di Tanah Datar khususnya di Kota Batusangkar dalam menyambut lebaran Idul Fitri esok," sampainya. 

Di akhir arahan Bupati juga ucapkan terimakasih kepada dinas terkait dan Perumda Tuah Sepakat dan pedagang lainnya yang telah turut serta membantu pelaksanaan pasar murah. 

Sementara itu, Sekretaris dinas Pangan dan Perikanan Irdayani katakan, "Biasanya saat Ramadhan dan menjelang lebaran terjadi peningkatan daya beli di masyarakat sehingga dikhawatirkan memicu kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran".

"Atas kondisi tersebut pemerintah hadir disini untuk menstabilkan harga sehingga tidak melonjak terlalu tinggi dengan menggelar pasar murah ini juga merupakan program Bappenas untuk menyambut hari-hari besar keagamaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah yang diadakan serentak pada 421 lokasi tersebar pada 38 provinsi", urainya lagi.

Sementara itu, Eka, salah seorang masyarakat asal Nagari Simbaur menyampaikan terima karena bisa karena merasa terbantu dengan pasar murah ini dalam persiapan menjelang lebaran nanti. (Pinos/rls)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.