Sekdakab Iqbal Ramadi Payana Wakili Bupati Menjawab Tanggapan 8 Fraksi

Sekdakab Iqbal Ramadi Payana Wakili Bupati Menjawab Tanggapan 8 Fraksi

Maklumatnews, Tanah Datar - Bupati Tanah Datar Eka Putra sampaikan jawaban atas pertanyaan dan saran dari 8 Fraksi DPRD setempatTanah terkait nota penjelasan pertanggungjawaban bupati terhadap pelaksanaan APBD Tanah Datar tahun 2023.

Tanggapan dan jawaban Bupati tersebut disampaikan oleh sekretaris daerah Iqbal Ramadi Payana pada sidang Paripurna DPRD di Aula Gedung Utama DPRD setempat Pagaruyung.Senin (20/5).

Terkait pertanyakan Fraksi Partai Persatuan Amanat Naaional (PAN) pada Sidang Paripurna sebelumnya tentang besaran anggaran bencana daerah dan realisasinya dijawab bupati bahwa beaaran anggaran tersebut sejumlah Rp. 2,789 Milyar dengan realisasi Rp. 958,498 juta lebih.

Kemudian fraksi PAN juga menanyakan bagaimana Pemda menyikapi banyaknya jalan yg rusak dan dijawab bupati dengan akan melakukan perbaikan secepatnya ruas jalan uang menjadu kewenangan daerah serta nelakukan pemeliharaan rutin serta mengupayakan meeaih dana untuk perbaikkan jalan yang jadi kewenangan provinsi.

Sedangkan terkait masih banyak syarat-syarat yang harus dilengkapi masyarakat serta rumitnya birokrasi untuk memperoleh akses berobat gratis di RSUD Ali Hanafiah Batusangkar yang menjadi bagian dari 10 Progul daerah dijawab bupati bahwa aturan tersebut tertuang dalam keputusan bupati no 900/457/BKD-2022 tentang besaran pemberian bantuan dan Bansos yang bersumber dari APBD Tanah Datar.

Menjawab pertanyaan dari fraksi-fraksi lainnya terkait capaian 10 Progul daerah,  Sekda Iqbal Ramadi Payana bahwa capaian 10 Progul tertuang didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tanah Datar 2021-2026 telah dilaksanakan secara bertahap oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan target Roadmap pelaksanaan program unggulan yang telah ditetapkan.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh Fraksi yang ada di DPRD Tanah Datar atas seluruh pertanyaan, tanggapan serta saran yang disampaikan pada Sidang Paripurna DPRD yang terdahulu. 

Terkait penanganan bencana banjir bandang yang terjadi di Tanah Datar beberapa saran dari Fraksi, Bupati Eka Putra sampaikan terimakasih atas masukan tersebut semoga bencana alam banjir bandang dapat dituntaskan secara bersama DPRD, Pemerintah Daerah dan seluruh lapisan masyarakat luas. 

Sidang Perdana ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Tanah Datar, Saidani, SP. dan didampingi Sekwan Yuhardi serta dihadiri oleh Forkopimda, Staf, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari serta undangan lainnya. (Pinos)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.