Universitas Muhammadiyah Sumbar Bekerjasama dengan Universitas PGRI Sumbar, Laksanakan Giat Pengabdian pada Masyarakat tema “Peningkatan Sikap Religiusitas Melalui Edukasi Pembentukan Karakter pada Anak-Anak di Nagari Ranah Pantai Cermin, Kabupaten Solok Selatan”

Program Pengabdian pada Masyarakat merupakan salah satu dari kegatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan oleh dosen sesuai dengan kepakaran masing-masing yang nantinya berguna untuk proses pengembangan kemajuan dalam berbagai hal dari mitra pengguna. Kegiatan ini dapat pula dilakukan secara kolaborasi oleh dua perguruan tinggi. 


Solok Selatan-
Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat bekerja sama dengan Dosen Universitas PGRI Sumatera Barat, melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang bertemakan “Peningkatan Sikap Religiusitas Melalui Edukasi Pembentukan Karakter pada Anak-Anak di Nagari Ranah Pantai Cermin, Kabupaten Solok Selatan”.

Kegiatan ini dilakukan oleh Dina Susanti, M.Pd., dari Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Budi Juliardi, SH., M.Pd., dan Jamurin SH., MH, dari prodi PPKn, serta Liza Husnita, M.Pd., dan Ranti Nazmi, M.Pd., dari Prodi Pendidikan Sejarah, Universitas PGRI Sumatera Barat. Terdapat 5 orang mahasiswa yang dilibatkan dalam pelaksanaan kegiatan ini. 

Kegiatan dilakukan pada tanggal 12 Juli 2023, di Nagari Ranah Pantai Cermin, Kabupaten Solok Selatan. Kegiatan dilakukan dengan membuat beberapa program kegiatan menggunakan metode Psikoedukasi dan Mentoring. Program kegiatan yang dilaksanakan berupa sharing session tentang pembelajaran budi pekerti kepada anak-anak, memberikan pembelajaran membaca Al-Quran dan tata cara sholat yang benar kepada anak-anak.

 “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan karakter dan sikap religiusitas anak-anak serta dapat memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat Nagari Ranah Pantai Cermin”, ujar Dina Susanti, ketua pelaksana kegiatan, melalui wawancara di sela pelaksanaan program Pengabdian pada Masyarakat (12/7/2023).

Wali Nagari Ranah Pantai Cermin, Zul Nasri, ketika di wawancarai mengatakan bahwa “kami selaku pimpinan dan perangkat nagari Ranah Pantai Cermin sangat antusias dengan pelaksanaan kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan karakter dan meningkatkan sikap religius anak-anak nagari”.

Lebih lanjut dikatakan juga oleh ZUl Nasri agar “kegiatan ini tidak hanya dilakukan satu kali saja di wilayah yang dipimpinnya, akan tetapi dapat dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan” tutupnya. 

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.