UNIVERSITAS PGRI SUMATERA BARAT SIAPKAN SMK NEGERI 10 PADANG JADI SENTRA DIVERSIFIKASI PRODUK PERIKANAN


Padang –
Sebagai Negara maritim, Indonesia tentu memiliki sumber daya kelautan yang melimpah. Hal inilah yang kemudian menjadikan Indonesia sebagai salah satu Negara sentra penghasil produk olahan perikanan. Bahkan secara nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kementerian KP) mendorong Kampung Nelayan Maju (Kalaju) untuk terus berbenah menjadi sentra penghasil produk olahan perikanan yang dimaksud. Untuk mewujudkan itu, Kementerian KP melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) getol memberikan pelatihan diversifikasi produk perikanan kepada masyarakat nelayan di kampung nelayan. Melalui upaya tersebut, diharapkan dapat mendorong hilirisasi perikanan di kampung-kampung nelayan. 


Akan tetapi, di tingkat yang lebih kecil, misalnya di sekolah, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki jurusan Agribisnis Perikanan, diperlukan juga pemberian penyuluhan dan pelatihan sekaitan dengan pemanfaatan sumber daya perikanan. Hal inilah yang kemudian mendorong Dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas PGRI Sumatera Barat, tergerak untuk memberikan pelatihan yang dimaksud.


Pelatihan ini masuk dalam salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu bidang Pengabdian pada Masyarakat. Kegiatan ini dilakukan di SMK N 10 Padang. Kegiatan ini bertemakan “Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan  Sebagai Bentuk Pengintegrasian Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK) dan  Mata Pelajaran Produktif Pada Kurikulum Merdeka Bagi Siswa-Siswi Jurusan Agribisnis Perikanan Air Tawar SMK Negeri 10 Padang”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 2 orang Dosen, yaitu Meri Rahmania, SE., M.Pd.E., dari Prodi Pendidikan Ekonomi, dan Wati, M.Pd., dari prodi Pendidikan Akuntansi. Kegiatan ini juga dibantu oleh 2 orang mahasiswa, yaitu Krisya Wahyu Kinarsih dan Yulia Putri.


Meri Rahmania mengatakan bahwa “penguatan SDM merupakan salah satu prasyarat penting untuk membangun sentra industry pengolahan perikanan yang mandiri”. Hal itu disampaikan di sela kegiatan pelatihan yang dilakukan pada tanggal 10 Juli 2023.

Di lain pihak, Wati mengatakan bahwa “Melalui dukungan pelatihan dan pendampingan oleh penyuluh perikanan, kami mendorong agar diversifikasi produk perikanan dapat meningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat nantinya, khususnya tamatan SMK ini”. 


Adapun pelatihan tersebut diikuti 16 orang siswa. Sebelumnya, Kepala Sekolah SMK N 10 Padang, Herawati, M.Si., secara umum menegaskan pentingnya upaya penguatan SDM kelautan dan perikanan dalam mendukung hilirisasi kelautan dan perikanan, khususnya di tingkat sekolah menengah. Herawati juga juga meminta agar pihak perguruan tinggi dan pihak lain yang berkompeten berperan dalam memperkuat SDM tersebut. 


Lebih lanjut, Herawati mengatakan bahwa pelatihan yang dilakukan oleh Dosen dari Universitas PGRI Sumatera Barat ini termasuk salah satu upaya dalam penyiapan SDM untuk mendukung hilirisasi sektor perikanan. Herawati juga berharap agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan.(***)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.