Hari Kedua TSR XIII Kunjungi Jemaah Masjid Jami' Andaleh Batipuh

Hari Kedua TSR XIII Kunjungi Jemaah Masjid Jami’ Andaleh Batipuh 

Tanah Datar, Maklumatnews - “Setelah roboh akibat gempa tahun 2007 Masjid Jami’ kembali dibangun tahun 2021 atas bantuan salah seorang Donatur dan kemudian dilanjutkan pemeliharaan serta melengkapi sarana dan prasarana pendukung dari bantuan dana Pokir anggota DPRD juga infak jemaah beserta masyarakat”.

Kondisi demikian disampaikan J.Dt. Sinaro Mudo, pengurus Masjid Jami’ nagari Andaleh ketika menerima kunjungan Tim XIII Safari Ramadhan kabupaten Tanah Datar yang dipimpin Elizar Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra beserta rombongan di Masjid setempat, Selasa malam (19/3).

“Mewakili Jemaah saya sampaikan ucapan selamat datang kepada ketua tim safari ramadhan kabupaten Tanah Datar beserta rombongan, juga ucapan terima kasih kepada walinagari yg telah menfasilitasi kedatangan TSR, ini sebagai bentuk perhatian Pemkab kepada warganya yang tidak mngkin didatangi satu persatu”.

“Juga pada kesempatan ini kami sampaikan permohonan maaf jika dalam sambutan dan berbuka kurang sesuatu pada tempatnya, tutur kata yang kurang enak didengar karena tidak ada gading yang tak retak”, ujar nya lagi.

Sementara itu Walinagari Andaleh, Bahuri Dt. Rangkang ucapan selamat datang kepada TSR Pemkab di nagari Andaleh serta atas nama pribadi, keluarga dan pemerintahan nagari selamat menunaikan ibadah puasa kepada warga nagari Andaleh semoga ibadah puasa kita Ramadhan ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kurang kebih 3 bulan sejak Desember tahun lalu sampai saat ini, Erupsi gunung Marapi sangat berdampak besar bagi warga, khusus nagari Andaleh dan Sabu apabila turun hujan malam harinya warga tidak bisa tidur takut terjadinya lagi banjir lahar dingin yang beberpaa waktu lalu merusak sumber air bersih Pansimas dan Dam Parit”, ungkap Bahuri.

“Dampak abu vulkanik merusak hasil pertanian yang efeknya secara ekonomi sangat terasa menjelang lebaran nanti, kami telah melakukan pendataan dengan data 107 penerima serta cadangan 11 orang melalui kelompok tani namun berbeda dengan data yg diusulkan nagari”. 

“Nagari Andaleh juga menjadi nagari yg dinilai sebagai kampung iklim dalam mendukung penilaian untuk meraih piala Adipura, namun disayangkan setelah Adipura diraih belum adanya ucapan terima kasih atau sekedar melihat piala adipura pun warga tidak pernah”, curhat wali.

Dalam sambutan bupati yang dibacakan Sekretaris Tim XIII Abdurrahman Hadi Kadis PMDPPKB sampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa dari bupati beserta keluarga kepada warga nagari Andaleh serta tujuan dari kunjungan ini adalah dalam rangka mempererat hubungan pemkab dengan masyarakat, menyampaikan progul daerah serta menyerap aspirasi. 

“Bebagai inovasi telah dilakukan oleh pemerintah daerah dibawah kepemimpinan bapak Eka Putra seperti pelaksanaan 10 Progul diantaranya, program Bajak gratis, asuransi pertanian dan peternakan, menambah kuantitas pupuk bersubsidi, serta kemudahan dalam urusan di kantor Catatan sipil dengan menghadirkan pelayanan sampai ke nagari- nagari”

“Kemudian program 1 rumah 1 tahfidz dengan hasil di Tanah Datar tercatat 18.600 hafidz dan Hafizah, 1 nagari 1 Iven yang mampu mengenjot ekonomi, peningkatan bidang kebudayaan juga terus digiatkan serta peningkatan dana operasional KAN, Bundo Kanduang serta memperluas akses jaringan internet dan program makan rendang sebagai upaya pemberantasan Rentenir”, pungkas kadis yang akrab dipanggil pak Ade ini.

Kunjungan Tim juga sekaligus menyerahkan bantuan dana pembangunan Masjid Rp. 15 juta, 1 buah Vacum Cleaner ditambah bantuan dana berbuka Rp. 1.650 ribu yang langsung diterima oleh pengurus Masjid.  (Pinos)

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.