TSR XIII Kunjungi Masjid Dinul Haq Sibunian Nagari Paninjauan

TSR XIII Kunjungi Masjid Dinul Haq Sibunian Nagari Paninjauan
Tanah Datar, Maklumatnews - Malam pertama kunjungan tim XIII safari Ramadhan Pemkab Tanah Datar dipimpin Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Elizar sambangi Masjid Dinuk Haq Sibunian nagari Paninjauan X Koto.

Dalam sambutannya pengurus Masjid Dinul Haq, Angku Labai Majo Dirajo sampaikan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Tim safari Ramadhan sekaligua juga mohon maaf jika dalam penyambutan dan berbuka puasa ada kekurangan.

“Dikatakan Angku Labai, “ Masjid Dinul Haq ini sudah ada sejak tahun 1969 dan sudah mengalami beberapa kali perbaikan, terakhir tahun lalu sudah dilakukan rehab Kubah serta juga akan diperbaiki plafon, tempat parkir dan jalan menuju Masjid”.

“Namun kondisi keuangan Masjid belum memungkinkan perbaikan sekaligus karena kondisi ekonomi, dimohon kepada bupati untuk dapat membantu kelanjutan pembangunan, disamping sarana ibadah juga disebelah Masjid ada penampungan bagi orang-orang tua yang kurang mampu”. Urai Angku Labai.

Hal senada juga disampaikan walinagari Paninjauan Aprizal Katik Majo Endah yang berharap terkait kebutuhan yang disampaikan pengurus semoga dikabulkan pemkab karena setiap Masjid ada peluang bantuan sekali dua tahun melalui proposal sekaligus memperkenalkan diri karena baru juga menjabat serta ucapan terima kasih telah diamanahkan sebagai Walinagari.

“Proses Pilwanag sudah berakhir dan diharapkan masyarakat Paninjauan untuk kembali bersatu membangun nagari bersama-sama dan melupakan perbedaan-perbedaan dukungan yang terjadi di Pilwanag lalu”,, ujar Walinagari yang akrab dipanggil Mak Etek itu.

“Nagari Paninjauan merupakan nagari yang terdampak erupsi gunung Marapi dan mengakibatkan lahan pertanian tidak bisa menghasilkan panen yang diharapkan, memang tanah terdampak abu kapundam subur tapi belum bisa ditanami karena terus menerus dihujani abu erupsi hampir 3 bulan”.

“Warga terdampak sudah didata dan semoga bantuan-bantuan segera disalurkan dan dapat dimanfaatkan warga, disamping itu, karena nagari Paninjauan berdekatan deng kota Padang Panjang tentu sarana dan prasarana yang ada jauh berbeda, diharapkan kepada Pemda dapat “Mamparancak saketek lai” prasarana dan sarana umum di nagari Paninjauan ini”.

Hal lain yang jadi fokus walinagari adalah terkait Fasilitas dan tenaga pendidik agar jadi perhatian utama karena pendukung pendidikan seperti tenaga pendidik masih jauh dari kebutuhan yang akan berdampak terhadap minat anak-anak nagari utk sekolah di nagarinya dan juga pendidikan dibidang agama juga perlu diperhatiakan dan dukungan dari Pemkab.

Dalam sambutan ketua Tim Elizar sampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa dari bupati beserta keluarga kepada warga Paninjauan serta tujuan dari kunjungan ini adalah dalam rangka mempererat hubungan pemkab dengan masyarakat, menyampaikan progul daerah serta menyerap aspirasi. 

“Bebagai inovasi telah dilakukan oleh pemerintah daerah dibawah kepemimpinan bapak Eka Putra seperti program Bajak gratis, kouta asuransi pertanian dan peternakan, menambah kuantitas pupuk bersubsidi, serta kemudahan dalam urusan di kantor Catatan sipil dengan menghadirkan pelayanan sampai ke nagari- nagari”

“Kemudian program 1 rumah 1 tahfidz dengan hasil di Tanah Datar tercatat 18.600 hafidz dan Hafizah, 1 nagari 1 Iven yang mampu mengenjot ekonomi, peningkatan bidang kebudayaan juga terus digiatkan serta peningkatan akses jaringan internet dan program makan rendang sebagai upaya pemberantasan Rentenir”, pungkas Elizar.

Ikut mendampingi ketua tim Elizar dikunjungan itu,5 Kadis PMDPPKB Abdurrahman Hadi, Kabid perindustrian, Kabid Koperasi dan UMKM, Kabid pengaduan kebijakan dan pelaporan, beberapa orang wartawan serta Driver. (Pinos)




Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.